Penerapan Model Skrip Kooperatif Dalam Pembelajaran Materi Ketentuan Waris Dalam Islam
DOI:
https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i1.11Keywords:
Model, Kooperatif, PembelajaranAbstract
Based on the results of preliminary observations of learning Islamic Religious Education in Class XII TGB 3 SMK Negeri 1 Jamblang, it shows that there are several obstacles in the implementation of teaching and learning activities, namely: less varied learning methods so that students feel bored and bored to learn Islamic Religious Education and learning outcomes are not optimal. This study aims to increase the motivation to learn Islamic Religious Education, in order to be better (maximally), both individually and classically. To achieve this goal, a classroom action research was carried out in Class XII TGB 3 SMK Negeri 1 Jamblang Cirebon Regency in learning PAI on the material "Inheritance in Islam" by applying the Cooperative Script Model, which is based on the principle that teachers teach Islamic Religious Education as a coaching effort, namely students who work in the group are divided into two roles, some are as speakers and some are listeners, and those are listeners in order to listen / correct / show incomplete main ideas, as well as to help, remember / memorize ideas. principal by connecting the previous material or with other material. This classroom action research was conducted in 2 cycles. The results showed that student achievement in Islamic Education subjects, namely: at the beginning it reached an average of 56.84, in Cycle I it increased to an average of 74.47, and in Cycle II there was a significant increase, namely reaching an average of 83 , 03.
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XII TGB 3 SMK Negeri 1 Jamblang memperlihatkan adanya beberapa kendala dalam pelaksanaan KBM, yaitu : metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga siswa merasa jenuh dan bosan untuk belajar Pendidikan Agama Islam dan hasil belajar yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam, agar menjadi lebih baik (maksimal), baik secara individu maupun klasikal. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas di Kelas XII TGB 3 SMK Negeri 1 Jamblang Kabupaten Cirebon dalam pembelajaran PAI pada materi “Ketentuan Waris dalam Islam” dengan menerapkan Model Skrip Kooperatif, yang didasari oleh prinsip bahwa guru mengajarkan Pendidikan Agama Islam sebagai upaya pembinaan, yaitu siswa yang bekerja dalam kelompok tersebut terbagi dua peran, ada yang sebagai pembicara dan ada yang sebagai pendengar, dan yang sebagai pendengar guna untuk menyimak/ mengoreksi/ menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap, serta untuk membantu, mengingat/ menghapal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI, yaitu: pada Awal mencapai rata-rata 56,84, pada Siklus I meningkat mencapai rata-rata 74,47, dan pada Siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu mencapai rata-rata 83,03.
References
Mudzakir, Ahmad dan Joko Sutrisno, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Pustaka setia, 1997)
Arikunto, Suharsimi dkk., Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: Bumi Aksara, 2008) Ash-Shiddieqy, Muhammad Hasbi,Teungku, Fiqh Mawaris (Semarang: Pustaka
Rizki Putra, 2015)
Japar, M., Zulela, M. S., & Mustoip, S. (2018). Implementasi pendidikan karakter. Jakad Media Publishing.
Dahlan, M.D, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Pustaka setia, 1990) Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1997)
Mulyadi, Hari, Modul Model Pembelajaran, (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 2008)
Kemendikbud, Pendidikan Agama Islam untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII
(Jakarta: Kemendikbud, 2015)
Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual Konsep Aplikasi (Bandung: PT. Refika Aditama, 2010)
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan (Bandung: Remaja Karya, 1990)
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta: Bina Aksara, 1988)
Soedarsono, Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Bagian Kedua Rencana, Desain, dan Implementasi (Yogyakarta: Depdikbud, 1997)
Sutama, Prinsp Dasar Penelitian Tindakan Kelas (Pend. Mat. FKIP UMS, 2007) Team Penyusun MGMP PAI, Pendidikan Agama Islam untuk SMA Semester Genap
Kelas XII. (Semarang: Penerbit Media Profesional, t.t)
Usman Effendi, Pengantar Psikologi (Bandung: Angkasa Baru, 1984)