Persepsi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi di IAIN Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i1.115Keywords:
persepsi, efektivitas, pembelajaran daring.Abstract
This study aims to determine the perceptions of Islamic Religious Education students regarding the effectiveness of online learning during the pandemic at IAIN Pontianak. The approach of this research is quantitative research with the type of survey research. The population in this study were all active students of the Islamic Religious Education Study Program in semesters one, three, five & seven with a total of 1164. Sampling used simple random sampling technique and resulted in a research sample of 267 people. The type of instrument used is a student perception questionnaire. Student perceptions of the effectiveness of online learning during the pandemic at IAIN Pontianak were in the "Good" category with an average IKM (Quality Performance Index) 2.97. However, it should be understood that there are three aspects of the four that get the IKM scores in the interval close to the upper limit of the unfavorable category. So this should be of more concern for the Islamic Religious Education Study Program to evaluate and improve in the future in order to accommodate the problems faced by students during online learning during the pandemic.
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Agama Islam terkait efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi di IAIN Pontianak. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Agama Islam pada semester satu, tiga, lima & tujuh dengan jumlah keseluruhan sebesar 1164. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan menghasilkan sampel penelitian sebanyak 267 orang. Jenis instrument yang digunakan adalah angket persepsi mahasiswa. persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi di IAIN Pontianak berada pada kategori “Baik” dengan rata-rata nilai IKM (Indeks Kinerja Mutu) 2,97. Namun perlu dipahami bahwa terdapat beberapa tiga aspek dari empat yang mendapatkan nilai IKM berada pada interval mendekati batas atas kategori kurang baik. Maka hal ini harus menjadi perhatian lebih bagi Program Studi Pendidikan Agama Islam untuk melakukan evaluasi dan perbaikan kedepannya guna mengakomodir permasalahan yang dihadapi mahasiswa selama pembelajaran daring di masa pandemi.