Strategi Guru melalui PjBL terhadap Kreativitas Siswa Menanggulangi Pencemaran Lingkungan Sesuai Ajaran Islam

Authors

  • Ine Lenita Universitas Kuningan
  • Anna Fitri Hindriana Universitas Kuningan
  • Sofyan H. Nur Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.187

Keywords:

Guru, Kreativitas, PjBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan kreativitas dan pengurangan miskonsepsi siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL). Munculnya tujuan tersebut disebabkan oleh adanya masalah kreativitas siswa yang masih kurang dan banyaknya miskonsepsi di dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain explanatory untuk mendapatkan kedua data tersebut dengan memadukan antara pendekatan kuantitatif pada data-data yang bersifat angka baik peningkatan kreativitas maupun pengurangan miskonsepsi dan kualitatif yang berkenaan dengan pendapat dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran, maka instrument yang digunakan selain angket, juga ada tes, observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan statistik dan deskriptif. Setelah tahap metodologis tersebut, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa (1) dengan menggunakan model pembelajaran PjBL, siswa mengalami peningkatan kreativitasdengan kualifikasi sedang, (2) dan dengan menggunakan model pembelajaran PjBL juga siswa mengalami penurunan miskonsepsi dengan kategori sedang, (2) siswa merasa puas dan percaya dirinya tinggi dalam mengikuti pembelajaran dengan model PjPBL, (3) terdapat korelasi antara kreativitas siswa dengan penurunan miskonsepsiyang berbanding terbalik.Rekomendasikannya yaitu agar model pembelajaran PjBL diterapkan dalam pembelajaran untuk mengatasi varian kemampuan siswa, banyaknya materi yang harus disampaikan, serta keterbatasan alat peraga.

References

Ardianti, S. D., I. A. Pratiwi, and M. Kanzunnudin, ‘Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik’, Jurnal Refleksi Edukatika, 7.2 (2017), 145–150

Badan Standar Nasional Pendidikan, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar SMP Dan MTs (Jakarta: BNSP, 2006)

Cahyaningsih, R. D., ‘Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Berfikir Kreatif Siswa Kelas V Pada Materi Sikus Air’ (Universitas Pendidikan Indonesia, 2019)

Casta, Casta, Tjetjep Rohendi Rohidi, Triyanto Triyanto, and Abdul Karim, ‘Production of Aesthetic Tastes and Creativity Education of Indonesian Glass Painting Artists’, Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 21.2 (2021), 266–77

Erdawati, Darsef Darwis, Ifran Fauzi Rachmat, and Abdul Karim, ‘The Effectiveness of Green Chemistry Practicum Training Based on Experimental Inquiry to Improve Teachers’ Science Process Skills’, Elementary Education Online, 20.4 (2021), 540–49 <https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.04.58>

Hartono, D. P., and S. Asiyah, ‘PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran Model Pembelajaran PjBL Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa’, in Seminar Nasional Geografi (Aceh, Indonesia: FKIP, Universitas Syiah Kuala, 2018)

Iriyani, I., ‘Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Mengetahui Kreativitas Produk Peserta Didik Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengolahan Susu Di SMKN 1 Pacet’ (Universitas Pendidikan Indonesia, 2020)

Karim, Abdul, ‘Peran Kepemimpinan Kyai Dan Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Dalam Pembentukan Jiwa Kemandirian Dan Entrepreneurship Santri Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bobos Cirebon’ (Program Pascasarjana Institut Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, 2011) <https://www.semanticscholar.org/paper/PERAN-KEPEMIMPINAN-KYAIDAN-KOPERASI-PONDOK-JIWA-Karim/bc177a44a105068b7fbd47ea1db278d28907fdc3>

Karim, Abdul, Aiman Faiz, Muhamad Parhan, Abih Gumelar, Imas Kurniawaty, Indra Gunawan, and others, ‘Managerial Leadership in Green Living Pharmacy Activities for the Development of Students ’ Environmental Care in Elementary Schools’, Journal of Critical Reviews, 7.13 (2020), 714–19 <https://doi.org/10.31838/jcr.07.13.125>

Karim, Abdul, and Wiwi Hartati, ‘Spiritual Tasks of Teachers in Higher Order Thinking Skills-Oriented Learning’, International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24.8 (2020), 4568–80 <https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I8/PR280474>

Karim, Abdul, Nur Fitri Mardhotillah, and Muhammad Iqbal Samadi, ‘Ethical Leadership Transforms into Ethnic: Exploring New Leaders’s Style of Indonesia’, Journal of Leadership in Organizations, 1.2 (2019), 146–57 <https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jlo.44625>

Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W., ‘Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI’, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 7, 7.9 (2016), 142–146

Maesyaroh, Siti, Widia Nur Jannah, and Abdul Karim, ‘Penerapan Program Lisasbil (Lihat Sampah Ambil) Dalam Usaha Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Lingkungan SDN 1 Kamarang’, in Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2020), pp. 61–69

Munandar, U., Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (Jakarta: Rineka Cipta, 2012)

Parhan, Muhamad, Aiman Faiz, Abdul Karim, Risris Hari Nugraha, Ganjar Eka Subakti, Mohammad Rindu, and others, ‘Internalization Values of Islamic Education At’, International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24.08 (2020), 14778–91 <https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I8/PR281455>

Rinto, Fikriyah, B. N Iman, Hanikah, A Munajim, Sati, and others, ‘Scientific Process Skills Learning, Biotechnology Materials, and Character Building’, International Journal of Pharmaceutical Research, 12.4 (2020), 2044–2051 <https://doi.org/https://doi.org/10.31838/ijpr/2020.12.04.314>

Rizkiyah, F., ‘Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan’ (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2018)

Sari, R. T., & Angreni, S., ‘Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa’, Varia Pendidikan, 30.1 (2018), 79–83

Setiana, E., ‘Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kelas XI’ (Universitas Negeri Semarang, 2016)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Bandung: CV Alfa Beta, 2011)

Suryanti, ‘Penerapan Model Pembelajaran Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Match) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas XI MIA Di SMAN 10 Kota Jambi’ (Universitas Jambi, 2021) <http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/10544%0Ahttps://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=tawuran+antar+pelajar&btnG=%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jfca.2019.103237>

Susetyo, B., Statistika Untuk Analisis Data Penelitian, ed. by Bandung (PT. Refika Aditama, 2010)

Suzana, Suzana, Abdul Karim, Amanah Amanah, and Ahmad Munajim, ‘Bermain Kognitif Matematika Anak Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9.2 (2021), 1–15 <https://doi.org/. http://dx.doi.org/10.23887/paud.v9i2.34259>

Suzana, Suzana, Ahmad Munajim, Casta Casta, Gama Pratama, Eman Sulaeman, Toto Sukarnoto, and others, ‘Gadget and the Internet for Early Childhood Distance Learning’, PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17.7 (2020), 8019–28 <https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/3518>

Titu, M. A., ‘Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi’, in Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, 2015, pp. 176–186

Titu, M. A, ‘Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi’, in In Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, 2015, pp. 176–186

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2009)

Wardhana, W. A., Dampak Pencemaran Lingkungan (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2004)

Additional Files

Published

2023-03-31

How to Cite

Lenita, I., Hindriana, A. F., & Nur, S. H. (2023). Strategi Guru melalui PjBL terhadap Kreativitas Siswa Menanggulangi Pencemaran Lingkungan Sesuai Ajaran Islam. Eduprof : Islamic Education Journal, 5(1), 112–130. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.187