PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU RA PC WERU KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Junaedi Junaedi IAI Bunga Bangsa
  • Nuraeni Nuraeni IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Halimah Halimah IAI Bunga Bangsa Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i2.20

Keywords:

kompetensi manajerial; supervisi kepala sekolah; terhadap kinerja guru;

Abstract

This study aims to see the effect of managerial competence and supervision of the principal on the performance of RA PC Weru teachers, Cirebon Regency. The research sites are in all RAs that are included in the Branch Management (PC) of Weru District, Cirebon Regency. The target population and sample in this study were 74 RA educators (teachers) at PC Weru, Cirebon Regency. The approach used in this research is a quantitative approach. The research method is a survey research method. Data collection techniques by observation (interviews and questionnaires). The data analysis techniques used in this study are descriptive data analysis and inferential data. The results of this study indicate that 1) There is a positive correlation between the Principal's Majerial Competence (X1) and the Principal's Supervision Competence (X2). The correlation coefficient is 0.365 with the value of Sig. 0.001 (<0.05) which means the correlation is high and significant; 2) There is no significant effect of Principal Managerial Competence on Teacher Performance RA PC Weru Cirebon Regency. Based on the hypothesis test that has been carried out, it is obtained that tcount is 0.130 and ttable1.993, then the value of tcount < ttable (0.130 <1.993) means that H0 is accepted and Ha is rejected, this shows the regression coefficient is not significant; 3) there is no significant effect of Principal Supervision Competence on Teacher Performance RA PC Weru Cirebon Regency. Based on the hypothesis test that has been carried out, it is obtained that tcount is 0.600 and ttable1.993, then the obtained value of tcount < ttable(0,600 <1.993) which means that H0 is accepted and Ha is rejected, this shows that the regression coefficient is not significant.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kompetensi manajerial dan supervisi kepala sekolah terhadapkinerja guru RA PC Weru Kabupaten Cirebon. Tempat penelitian adalah di semua RA yang termasuk ke dalam Pengurus Cabang (PC) Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Populasi dan sampel sasaran dalam penelitian ini adalah pendidik (guru) RA di PC Weru Kabupaten Cirebon sebanyak 74 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian ini adalah metode penelitian survei. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (wawancara dan kuesioner). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif dan data inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat korelasi yang positif antara Kompetensi Majerial Kepala Sekolah (X1) dengan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah (X2). Koefisien korelasinya sebesar 0,365 dengan nilai Sig. 0,001 (<0,05) yang berarti korelasinya tinggi dan signifikan; 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru RA PC Weru Kabupaten Cirebon. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh thitung sebesar 0,130 dan ttabel1,993, maka diperoleh nilai thitung< ttabel(0,130 < 1,993) yang berarti terima H0dan Ha ditolak, ini menunjukkan koefisien regresi tidak signifikan; 3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru RA PC Weru Kabupaten Cirebon. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh thitung sebesar 0,600 dan ttabel1,993, maka diperoleh nilai thitung< ttabel(0,600 < 1,993) yang berarti terima H0dan Ha ditolak, ini menunjukkan koefisien regresi tidak signifikan.

Additional Files

Published

2019-09-22

How to Cite

Junaedi, J., Nuraeni, N., & Halimah, H. (2019). PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU RA PC WERU KABUPATEN CIREBON. Eduprof : Islamic Education Journal, 1(2), 234–257. https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i2.20