Program Pembiasaan Tilawatil Qur’an Untuk Menanamkan Karakter Cinta Qur’an di MTS Miftahul Jannah
DOI:
https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.200Keywords:
Karakter Cinta Qur’an, Pembiasaan, Tilawatil Qur’an.Abstract
Di era modern seperti sekarang, kemajuan tekhnologi semakin berkembang dan aktivitas manusia semakin padat, sehingga banyak orang yang melupakan aktivitas keagamaan seperti membaca Al-Qur’an, bersholawat, bahkan melalaikan sholat. Selain itu juga berpengaruh terhadap anak-anak yang mengikuti perkembangan zaman. Tujuan peneitian ini untuk mengidentifikasi bagaimana penerapan program pembiasaan tilawatil qur’an dan cara megaplikasikan karakter cinta qur’an, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam kegiatan tersebut. Metode penelitian ini ialah deskriptif kulitatif. Didapatkan hasil mengenai program tersebut dianggap sebagai kegiatan yang baik dan sudah dibuktikan dengan munculnya rasa senang, bahagia ketika mereka mengikuti kegiatan tilawatil qur’an sebelum plaksanaan kegiatan belajar mengajar dimulai salah satunya adalah cara membacanya, memahami maknanya dan menerapkan isi kandungan dari qur’an didalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan program ini, peneliti telah menemukan faktor pendukung dan faktor penghambat di dalam penelitian yang peneliti lakukan. Adapun faktor yang menjadi pendukung dalam penelitian ini diantaranya: 1)Kepala Madrasah turun langsung dalam pelaksanaan kegiatan tilawatil qur’an. 2)Struktual Pembina tilawatil qur’an yang ditunjuk oleh Madrasah sehingga kurang konsisten. 3)Sarana prasana yang memadai. Kemudian yang menjadi faktor penghambat dalam penelitian ini, diantaranya : 1)kurangnya keikut sertaan semua guru terhadap pelaksanaan program tersebut, hal ini menyebabkan kurang maksimal dalam membimbing siswa yang berjumlah banyak. 2)Kurangnya kesadaran sebagian siswa (kelas IX) pada saat pelaksanaan mengerjakan tugas harian kelas.
References
Herwati, Herwati, and Haibatul Aliyah, ‘PENINGKATAN MINAT
BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM MATERI DAKWAH RASULULLAH SAW
DI MADINAH MELALUI METODE INDEX CARD MATCH KELAS
VII MTS SIRAJUL ULUM KREJENGAN JATIURIP KREJENGAN PROBOLINGGO JAWA TIMUR’, JURNAL EDUSCIENCE (JES), 8.2
(2021), 38–47
Isnaini, Muhammad, ‘Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di
Madrasah’, Al-Ta Lim Journal, 20.3 (2013), 445–50
Khalifatus Silfia1(?), Herwati2, ‘IMPLEMENTATION OF THE FAMI
BISYAUQIN AND TAKRIR METHODS IN IMPROVING ALQURAN MEMORIZATION IN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS’,
01 (2022), 38–49
Wawancara dengan Bapak Mashudi MPd I (Kepala Madrasah) di Kantor MTs
Miftahul Jannah pada hari Rabu tanggal 09 Juli 2022 .
Molodi, Somantri Elin.B dan, ‘Penerapan Metode Tilawati Untuk
Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Membaca Al- Qur ’ an Di
Kelompok B TK Islam Al -Azhar 21 Pontianak Molodi , Yapandi , Elin
B . Somantri Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini ( PG PAUD ) Fakultas Keguruan’, Jpaud, 7 (2019), 5
Munir, Ahmad, Ilmu Tajwid
Nur Hayati, ‘8 Banjar, Galuh, 26 Agustus 2011,
Http://Galuhbanjar.Wordpress.Com/, (Diakses Pada Tanggal 02 April
’, 6 Januari 2023. 22.00 WIB
Wawancara dengan Nur Lailatul Faida ( siswa kelas IX) di Ruang Kelas IX
pada hari kamis tanggal 22 Juli 2022..
Nurfiyah, Enik, ‘Hubungan Antara Kegiatan Tilawatil Qur’an Dengan
Ketenangan Jiwa Anggota Iqma Uin Sunan Ampel Surabaya’, 2015, 14–
Shoimah, Lailatus, Sulthoni, and Yerry Soepriyanto, ‘Pendidikan Karakter
Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar Lailatus Shoimah, Sulthoni,
Yerry Soepriyanto’, Jktp, 1.2 (2018), 169–75
Wawancara dengan Bapak Sholihin S.Pd.I (Guru PAI) di Kantor MTs
Miftahul Jannah pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 .
Silahuddin, Silahuddin, ‘Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia
Dini’, Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 3.2 (2017), 18
Sofyan, Erviana, and Rofiatul Hosna, ‘Pengaruh Pembiasaan Membaca AlQur ’ an Setiap Pergantian Jam Pelajaran Terhadap Kesiapan Mental
Mahasiswa Genta Pare Kediri’, 7.1 (2019), 10–13
———, ‘Pengaruh Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Setiap Pergantian Jam
Pelajaran Terhadap Kesiapan Mental Mahasiswa Genta Pare Kediri’, AlMisbah (Jurnal Islamic Studies), 7.1 (2019), 10–13
Suprapno, Herwati, Yosep Belen Keban, Titin Nurhidayati, Triyo Supriyatno,
I Putu Yoga Purandina, Akhsin Ridho, and others, PENGANTAR ILMU
PENDIDIKAN (CV Literasi Nusantara Abadi, 2021)
Syaroh, Lyna Dwi Muya, and Zeni Murtafiati Mizani, ‘Membentuk Karakter
Religius Dengan Pembiasaan Perilaku Religi Di Sekolah: Studi Di SMA
Negeri 3 Ponorogo’, Indonesian Journal of Islamic Education Studies
(IJIES), 3.1 (2020), 63–82
Wawancara dengan Oriza Aprilia ( siswa kelas VII) di Ruang Kelas VII pada
hari senin tanggal 25 Juli 2022 ..
Wawancara, ‘Siti Aisyah ( siswa kelas VIII) di Ruang Kelas VIII pada hari
sabtu tanggal 26 Juli 2022 .
Wawancara dengan Ibu Wiwit Atsatsalasiyah S.Pd.I (Guru PAI) di Kantor
MTs Miftahul Jannah pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2022.
Wawancara dengan Wulan Dwi Agustin ( siswa kelas VII) di Ruang Kelas
VII pada hari senin tanggal 25 Juli 2022 ...