Hubungan antara Prokrastinasi Akademik dengan Hasil Belajar Matematika Siswa
Keywords:
prokrastinasi akademik, hasil belajar matematikaAbstract
Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda dalam menuntaskan sebuah tugas yang berkorelasi dengan akademik sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam menyerahkan tugas bahkan mengalami kegagalan dalam menyelesaikannya. Seseorang yang mempunyai kebiasaan melakukan prokrastinasi akademik biasanya tidak bisa mengolah waktu dengan baik. Oleh sebab itu dibutuhkan usaha untuk menghindari terjadinya prokrasinasi akademik dengan cara memperbaiki pengelolaan waktu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeteksi hubungan antara prokrastinasi akademik dengan hasil belajar matematika siswa. Pada penelitian ini metode yang digunakan yakni kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al-Islam Krian. Untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas X IPS 3 sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik dan tes hasil belajar matematika siswa. Analisis data dengan menggunakan pengujian korelasi Product Moment Person dengan uji prasyarat memakai uji normalitas dan uji linearitas. Dari hasil analisis data, hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa” diterima. Dengan kata lain dapat diartikan bahwa semakin tinggi prokrastinasi akademik maka semakin rendah hasil belajar matematika siswa. Begitu pula sebaliknya jika prokrastinasi akademik rendah maka semakin tinggi hasil belajar matematika siswa
References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Basori, L. R., & Jailani, J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel bagi Siswa yang Mengalami Hambatan Belajar Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1). https://doi.org/10.25273/jems.v5i1.1784
Clara, C., Dariyo, A., & Basaria, D. (2018). Peran Self-Efficacy Dan Self-Control Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sma (Studi Pada Siswa Sma X Tangerang). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2). https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.802
Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematikka, 9(1).
Fernandes, L., Winardi, Y., & Appulembang, O. D. (2019). Hambatan Belajar Matematika: Studi Kasus Di Kelas Viii Suatu Sekolah Di Semarang [Barriers To Learning Mathematics: A Case Study Of Grade 8 Students At A School In Semarang]. Johme: Journal Of Holistic Mathematics Education, 3(1). https://doi.org/10.19166/johme.v3i1.2071
Misnawati. (2020). Rendahnya Kualitas Pendidik Di Indonesia. Kridha Rakyat.
Munawaroh, M., Alhadi, S., & Saputra, W. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1). https://doi.org/10.17977/um001v2i12017p026
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1). https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868
Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3).
Nasional, M. P. (2006). Permendiknas No. 20 Tahun 2006. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order, 44(2).
Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3).
Putri, T. (2018). Ada apa dengan pendidikan di Indonesia? Edukasi.
Sahaya Ami, D. E., & Yuniantaq, T. N. H. (2020). Profil Karakter Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Smp Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.241
Sakti, B. P. (2020). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Attadib: Journal Of Elementary Education, 4(1). https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.632
Siahaan, A. T. A. A. (2018). Keterampilan Komunikasi Guru Profesional di Sekolah. Ijtimaiyah, 2(1).
Soter, I. K. (2019). Manajemen Pendidikan Berorientasi Masa Depan. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 9(2). https://doi.org/10.33363/ba.v9i2.271
Sudjana, N. (2019). Dasar-Dasar Proses Mengajar. In Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suhadianto, S., & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak dan Strategi Untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2). https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106672
Sunaryoto, E. (2020). Dimensi Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Wawasan Studi Islam, 2(2).
Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1). https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12878
Trifiriani, M., & Agung, I. M. (2018). Academic Hardiness dan Prokrastinasi pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 13(2). https://doi.org/10.24014/jp.v13i2.3626
Wasono, R. (2014). Peningkatan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi Muhammadiyah Melalui Internalisasi Nilai Organisasi Berbasis Karakter. —Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan Tahun.
Widodo, G. S., & Rofiqoh, K. S. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7.
Wijaya, C., Sinaga, A. I., & Harahap, W. (2020). The Principal’s Strategies in Forming Student Character of SMP Al-Azhar Medan. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(3). https://doi.org/10.33258/birci.v3i3.1153
Wulandari, M., Umaroh, S. K., & Mariskha, S. E. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kontrol Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Motiva Jurnal Psikologi, 3(1). https://doi.org/10.31293/mv.v3i1.4808