Analisis Nilai Karakter Melalui Program Vocational Camp Di Madrasah Aliyah Daarul Ulum PUI Majalengka

  • Dian Widiantari IAI Bunga Bangsa Cirebon
Keywords: nilai; karakter; pendidikan

Abstract

This thinking contains an explanation of the values of character education in vocational camp activities. The purpose of this thought is to describe the values contained in vocational camps. The results of this thought indicate that there are 6 values of character education contained in the vocational camp, namely, disciplinary character values, hard work character values, creative character values, character values respecting achievement, environmental care character values, and responsibility character values. In vocational camps, there are character values that can be associated with teaching character education in schools in Indonesia

Abstrak

Pemikiran ini mengandung pemapaparan tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan kemah vokasional. Tujuan pemikiran ini untuk mendeskripsikan tentang nilai nilai yang terkandung dalam kemah vokasional. Hasil pemikiran ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kemah vokasional ada 6 yaitu, nilai karakter disiplin, nilai karakter kerja keras, nilai karakter kreatif, nilai karakter menghargai prestasi, nilai karakter peduli lingkungan, dan nilai karakter tanggung jawab. Dalam kemah vokasional terdapat nilai-nilai karakter yang dapat dikaitkan dengan pengajaran pendidikan karakter sekolah di Indonesia.

References

Asriti,‘Grand Design Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah’, Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 6.3 (2011), Bassiouny dkk,’The Importance of Charater Education for Tweens as Consumers’, Journal of Research in Character Education, 6.2 (2008) 37–61
Budiastuti, E,’Strategi Penerapan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Praktik Busana’,Makalah Seminar Nasional Character, 2010
Darmiyanti, Zuhdi, Zuhdan Kun Prasetya dan Muhsinatun Siasah Masruri, ‘PengembanganKarakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasae’, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2010
Davidson, M.L Lickona, T & Khmelkow V. T, ‘12-Point Comprehensive Approach to Character Education’.1991 http://www2.cortland.edu/centers/character/12-pt-comprehensive-approach.dot. Diakses pada tanggal 15 April 2018.
Endang, Mulyani, dkk,’Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan’,Jakarta: Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan Nasional, 2010
Fathurohman, Oman, ‘Kontribusi Pendidikan Karakter Dalam Sistem Pendidikan Nasional’, Eduprof: Islamic Education Journal, 1.1 (2019), 1–20
Kemendiknas RI. Huitt, W. G, ‘Educational Psychology Interactive’,Valdosta State University, 2004. http://chiron.valdosta.edu/whuitt/. Diakses 12 Desember 2011. Husen, A., M. Japan, dan Y.
Kardiman,’Model Pendidikan Karakter’,Jakarta: UNJ, 2010
Muchlas, Samani & Hariyanto, ‘Konsep dan Model Pendidikan Karakter’, Bandung: Rosdakarya, 2011
Mustari, Muhammad,’Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan’,Jakarta: PT Raja Gravindo Persada, 2014
Linda, S,’Values and Character Education, Implementation Guide’,Georgia: Georgia Departement of Education, 1997
Nuh, Muhammad, ‘Desain Induk Pendidikan Karakter Pendidikan Nasional’, Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 2010
Smith, M.R, ‘Contemporary Character Education’, Principal Leadership, 3.1 (2006)
Zuchdi, dkk, ‘Pendidikan Karakter. Jogjakarta’, UNY Press, 2009
Zulnuraini, ‘Pendidikan Karakter: Konsep, Implementasi, dan Pengembangannya di Sekolah Dasar di Kota Palu’,Jurnal Dikdas 1.1, (2012)
Published
2020-03-25
How to Cite
Widiantari, D. (2020). Analisis Nilai Karakter Melalui Program Vocational Camp Di Madrasah Aliyah Daarul Ulum PUI Majalengka. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(1), 1 - 17. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i1.28

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.