Artikel Strategi Strategi Pengembangan Pendidikan Islam

Strategi Pengembangan Pendidikan

  • Kaelani Kaelani IAI BBC
Keywords: Strategi, Pendidikan Islam, Pengembangan

Abstract

ABSTRAK

 

Strategi Pengembangan Pendidikan Islam Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner: Filosofis, Paedagogis, Psikologis dan Sosiologis.

Umat Islam Indonesia, sekarang sudah saatnya untuk memikirkan bagaimana upaya untuk mengantisipasi dan mengakomodasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era pasca-modern ini yang semakin hari semakin mencuat, yang terkadang manusia sendiri confuse dibuatnya. Hal ini jelas berdampak kepada perspektif paradigma berpikir manusia dalam kehidupannya, baik pada level menengah ke atas maupun ke bawah, lebih-lebih kepada kelompok manusia yang tingkat pendidikannya masih relatif rendah, termasuk juga kalangan terpelajar atau generasi mudanya. 

Apalagi kalau ditinjau dari perspektif agama, dimana para pelajar Islam umumnya relatif minim terutama yang hanya mengandalkan pendidikan agama mereka dari bangku sekolah saja, sementara tantangan hidup yang semakin pelik dan kompleks. Lebih-lebih pada awal memasuki millenium ketiga ini, dimana era komunikasi sedang bergulir, proses globalisasi memasuki penjuru negeri yang tak tersekat oleh batas-batas daerah atau letak geografis, sehingga tidak ada satu daerahpun yang lepas dari sighting teknologi informasi. Kondisi semacam ini akan memungkinkan masuknya nilai-nilai baru berupa materialisme, sekulerisme, hedonisme dan rasionalisme. Akibat yang sering muncul dari hal tersebut akan menggiring manusia mudah tereliminasi dalam kehidupan, disparitas psikologis yang berimplikasi pada pemunahan jati diri manusia (dehumanisasi), lahirnya komunafikan (hipokritisasi) dan dekadensi moral (demoralisasi). Hal ini justru yang dikuatirkan akan menampakkan terbentuknya life-style global yang destruktif atau gaya kehidupan baru yang tidak bermoral.  

Untuk mengantisipasi hal tersebut masyarakat masih mempercayakan bahwa jalur pendidikan dianggap sangat dominan atau berkewajiban untuk membentuk manusia yang bermoral (mengintegrasikan imtaq dan iptek pada diri siswa), mendewasakan siswa atau sebut saja : memanusiakan manusia sesuai dengan fitrah insaniah yang diberikan Allah SWT. Dalam mengemban tugas suci selaku khalifah fil ardhi. Maka dari itu sudah seharusnya para pakar pendidikan Islam, pemerhati pendidikan dan tokoh masyarakat, membina dan mengembangkan atau bahkan membuat semacam lembaga pendidikan Islam yang dimenej dengan baik.

Melihat urgensi yang demikian substantif dari eksistensi pendidikan bagi masyarakat sekarang dan masa depan, untuk itu penulis terketuk hatinya mengadakan penelitian Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner:Filosofis, Paedagogis, Psikologis dan Sosiologis] yang bersumber pada Al-Qur’an dan Al-Hadits, yang diintegrasikan dengan pendapat para ahli pendidikan, iptek dan evironment.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan metode analisis-deksriptif-argumentatif. Maka dari itu penulis secara kontemplatif-ijtihadi akan mencoba untuk membuat semacam upaya strategis dalam mengembangkan sekolah-sekolah Islam-alternatif, artinya suatu upaya mencari atau membuat strategi dari mulai kelembagaan, kurikulum, proses dan evaluasi yang Islami dengan tetap memperhatikan sisi iptek dan environment. Sehingga betul-betul merupakan suatu strategi pengembangan sekolah-sekolah Islam yang taqorrub-akomodatif kepada pendidikan (sekolah Islami) yang bermutu secara kaffah-feasable dan acceptable.                                    

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul, Baqi’, Muhammad Fuad, Al-Mu’jam al-Mufahras Al-Fadzi Al-Qur’an Al-Qur;an Karim, Mesir, Dar al-Kutub, 1945.

Abdullah, Abdurrahman Saleh, Education a Qur’anic Outlook, Makkah, Ummu al-Qura, t.th., trans. H.M Arifin, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an, Jakarta, PT. Rineka Cipta, 1991.

Adams, Charles C., Islam and Modernism in Egypt, New York, A Divisiona of Atheneum Inc., 1968.

Adiwikarta, Sudardja, Sosiologi Pendidikan:Isyu Dan Hipotesis Tentang Hubungan Pendidikan Dengan Masyarakat, Jakarta, Depdikbud, Dirjen Dikti, P2LPTK, 1988.

Ahmadi, Abu, et. Al., Strategi Belajar Mengajar, Bandung, CV. Pustaka Setia, 1997.

Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah, Attarbiyah Al-Islamiyah, trans. Bustomi A. Gani dan Djohar Bahry LIS., Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta, Bulan Bintang, 1993.

Al-Attas, Syed Muhammad Al-Nuquib, The Concept of Education in Islam: A Framework For an Islamic Philosopy of Education, Kuala Lumpur, Muslim Youth Movement of Malaisya, 1980, trans. Haidar Bagir, Konsep Pendidikan Islam : Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam, Bandung, Mizan, 1977.

Al-Gazali, Abdul Hamid Muhammad, Ihya Ulumuddin, Jilid 3, Kairo 3, Isal Babiyul Hilbi Wa Syirkah, 1957.

Ali, A. Mukti, Ta’lim al-Muta’allim Cermin Imam Zarkasyi, Gontor, Tri Murti, 1991.

Ali, Attabik dan Mudhor Ahmad Zuhdi, Qamus Al-‘Ashri ‘Arabi-Indonesia: Kamus Kontemporer Arab-Indonesia, Yogyakarta, Yayasan Ali Maksum, UD. Multi Kara Grafika, 1997.

Ali, H. Muhammad, Konsep dan Penerapan CBSA dalam Pengajaran, Bandung, PT. Saran Panca Karya, 1991.

………, Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung, CV. Sinaru Baru, 1992.

Al-Juhaili, Wahbah, Al-Tafsir Al-Munir, Beirut, Dar Al-Fikr Al-‘Ashir, al-Juz Awwal, 1991.

Al-Jumbulati, Ali, Dirasatun Muqorronah Fil Al-Tarbiyah Al-Islamiyah, trans H.M. Arifin., Perbandingan Pendidikan Islam, Jakarta, Rineka Cipta, 1994.

Al-Kailani, Majid Irsan, Falsafah Al-Tarbiyah Al-Islamiyah, Makkah, Maktabah Al-Hadi, 1987.

Al-Syaibany, Oemar Muhammad Al-Thoumy, Falsafah Al-Tarbiyah Al-Islamiyah, Libya Tunis, Addar Al-‘Arabiyah li Al-Kitab, 1975, trans. Hasan Langgulung, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, Bulan Bintang, 1979.

An-Nadwi, Abul Hasan, Nahwa Al-Tarbiyah Al-Islamiyah Al-Hurrah fi Al-Hukummat wa-al Bilal Al- Islamiyah, Lacknow, India, 1968, trans. H.A. Shalihin Rasyidi, Menuju Pendidikan Islam yang Mandiri: Upaya meretas Belengu Ketergantungan, Bandung, Dunia Ilmu, 1987.

An-Nahlawi, Abdurrahma, Ushul Al-Tarbiyah Al-Islamiyah wa Asalibuha, Damsik Dar al-Fikr, tth., trans. Herry Noer Ali, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam: Dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat, Bandung, CV. Diponegoro, 1992.

Anonimous, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, P&K Balai Pustaka, 1997.

………, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Surabaya, Karina, 2004.

Arifin, H. Muzayin, Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tujuan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta, Bumi Aksara, 1996.

………, Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta Bumi Aksara, 1995.

………, Perkembangan Pendidikan Islam, Jakarta, Rineka Cipta, 1994.

Asari, Hasan, Menyingkap Zaman Keemasan Islam: Kajian Atas Lembaga-Lembaga Pendidikan, Bandung, Peberbit Mizan, 1994.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Baru, Jakarta Logos Wacana Ilmu, 1999.

Boisard, Marchel A., Humanisme De L’ Islam, trans.H.M.Rasyidi, Humanisme Dalam Islam, Jakarta, CV. Bulan Bintang, 1980.

Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 1996.

……….., Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya Offset, 1995.

………., Ilmu Jiwa Agama, Jakarta, PT. Bulan Bintang, cet., ketigabelas, 1991.

Esposito, John L. (Ed), Voices of Regurgent Islam, New York, Oxford University Press, 1983.

Fadjar, Abdullah, Strategi Pengembangan Pendidikan Islam Melalui Riset dan Evaluasi Dalam Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta, Yogyakarta, Tiara Wacana, 1991.

Fadjar, H. Malik, Visi Pembauran Pendidikan Islam, Jakarta, Penerbit LP3NI (Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penyusunan Naskah Indonesia), CV. Alfa Grafikatama, 1998.

……….., Madrasah dan Tantangan Modernitas, Jakarta, CV. Alfa Grafikatama, 1995.

Feisal Yusuf Amir, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta, Gema Insani Press, 1995.

Hidayati, F. (2016). Keefektifan Metode Reciprocal Learning Dan Talking Stick Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau Dari Minat Membaca Karya Sastrasiswa Kelas X Sma Negeri Di Kota Yogyakarta (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Harahap, Syahrin, Al-Qur’an dan Sekulerisasi: Studi Kritis Antara Pemikiran Thaha Hussein, Yogyakarta, Tiara Wacana, 1994.

Ibu Mandzur, Abi Al-Fadhl Jamal Al-Din Muhammad bin Muhammad, Lisan Al-‘Arab, al-Majallad Tsani al-‘Asyr, Beirut, Dar Shadir, 1990.

Kaelani, dkk. Manajemen Pendidikan Islam, Kajian Kontemplatif Berdasarkan Interdisipliner Filosofis, Paedagogis, Psikologis dan Sosiologis, Cirebon, LSM PPMP, 2007.

Kaelani, Manajemen dan Strategi Pendidikan Islam, Cirebon, LP2I IAI Bunga Bangsa, 2018.

Kinnany, Kildun, Mencetak Guru Untuk Pendidikan Islam, Cirebon, Lektur Seri II, LKPPI, 1995.

Kuntowijoyo, Paradigma Islam Interpretasi Untuk Aksi, Bandung Mizan, 1994.

Langgulung, Hasan, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta, Bulan Bintang, 1979.

Lewis, Bernard, Islam and the West, Oxford University Press, 1993.

Mansur, H. Martin, Oxford Learner’s Dictionary, New York, Oxford University Press, 1996.

Muhaemin dan Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya, Bandung, Trigendakarya, 1993.

Munawar, Rafi, Globalitas Persoalan Manusia Modern Solusi Tarbiyah Islamiyah, Surabaya, Risalah Gusti, 1995.

Murname, Richard J., dan Levy Frank, Teaching The New Basic Skills, Mass : Havard University Press, 1996.

Mursi, Muhammad Munir, Al-Tarbiyah Al-Islamiyah Ushuluha wa Tuthawwaruha fi Al-Bilad Al-Arabiyah, Mesir, Dar Al-Ma’arif, 1978.

Nasr, Sayyed Hossein, Sciene dan Civilization in Islam, New York, Toronto and London, 1968.

………., Traditional, Islam in The Modern World, Kegan Paul Internasional, London Kazi Publications, Inc., 1987.

Nasution, Harun, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran, Bandung, Mizan, 1995.

……….., Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta, Bulan Bintang, 1992.

Nata, Abduddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam: Seri Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2000.

Qardawy, Yusuf, Al-Ijtihad al-Mu’ashir, Ijtihad Kontemporer, Surabaya, Risalah Gusti, 1995.

……….., Al-Fatwa Bainal Idhibath Wattasayyub, Kairo, Darushshahwah, 1988, (Edisi Indonesia), trans. Setiawan Budi Utomo, Konsep dan Praktik Fatwa Kontemporer: Antara Prinsip dan Penyimpangan, Jakarta, Pustaka Al-Kautsar, 1996.

Rahman, Fazhur, Islam (Edisi Indonesia), trans. Ahsin Mohammad, Bandung, Pustaka, 1997.

Rusyan, A. Tabrani, Manajemen Kependidikan, Bandung, Media Pustaka, 1992.

Shihab, H.M., Quraish, Membumikan Al-Qur’an, Bandung, Penerbit, Mizan, 1992.

Siddiqi, Amir Hasan, Studies in Islamic History, Pakistan, Dacca University, 1978.

Tafsir, H. Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung, Rosda Karya, 1994.

…..…..., Epistimologi Untuk Ilmu Pendidikan Islam, Bandung, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Djati, 1995.

…..…..., Hadits Tarbawi, Bandung, Program Pascasarjana IAIN Sunan Gunung Djati, 1999.

Tilaar, H.A.R. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta, Rineka Cipta, 2000.

Usa, Muslih, Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta, Yogyakarta, PT. Tiara Wacana, 1991.

Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta, Bigraf Publisihing, 2000.

Published
2021-03-30
How to Cite
Kaelani, K. (2021). Artikel Strategi Strategi Pengembangan Pendidikan Islam. Eduprof : Islamic Education Journal, 3(1), 71-90. https://doi.org/10.47453/eduprof.v3i`1.78

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.