Pola Pengembangan Manajemen Pendidikan Berbasis Tradisional dan Modern Terhadap Kemajuan Lembaga Pendidikan Islam

Studi pada Yayasan Al-Hamidiyah Depok

  • Abu Khaer
  • Khalimi Khalimi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ikhwan Ikhwan MTs al-Hamidiyah Sawangan Depok
Keywords: Manajemen pendidikan, Tradisional, Modern, Lembaga Pendidikan, Sekolah Umum, Pesantren, al-Hamidiyah

Abstract

This study aims to explain the pattern of educational management and innovation in developing the progress of educational institutions under the auspices of the al-Hamidiyah Sawangan Depok Foundation. The research method used is a mixed-research research, namely between library research (library study) as a tendency of research with a qualitative style and also a field-research (field research) as a tendency of research with a quantitative style with a quantitative approach. social research paradigm research. The primary data sources of this research are, apart from being obtained from interviews and observations, the main sources are also from literature studies. While secondary sources are books, international and national journal articles published in various mass media. The results of this study indicate that in carrying out educational management, the al-Hamidiyah Sawangan Depok Foundation has implemented it by combining the principles of traditional education management and modern education management. Traditional management development patterns and modern management development patterns have a positive impact on the progress of educational institutions within the al-Hamidiyah Foundation, this can be seen from the three phases of management innovation, namely at the planning stage, implementation stage, and the program development stage of the Sawangan al-Hamidiyah Foundation. Depok. In advancing educational foundations, the approach used is a rational approach. The development of educational institutions at this foundation is adjusted to the demands of the times and the needs of the community for education. The management typology developed by the foundation is rational-collective-managerial

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menjelaskan mengenai pola manajemen pendidikan dan inovasinya dalam mengembangkan kemajuan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan al-Hamidiyah Sawangan Depok. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian yang bersifat Mixed-research (penelitian campuran), yaitu antara library research (studi pustaka) sebagai kecenderungan dari penelitian dengan corak kualitatif dan juga merupakan field-research (penelitian lapangan) sebagai kecenderungan dari penelitian dengan corak kuantitatif dengan pendekatan penelitian berparadigma penelitian sosial kemasyarakatan. Sumber data primer dari penelitian ini adalah, selain diperoleh dari hasil wawancara dan observasi, juga bersumber utama dari studi kepustakaan. Sementara sumber sekunder berupa buku-buku, tulisan-tulisan jurnal internasional dan nasional yang dipublikasikan di berbagai media massa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menjalankan manajemen pendidikan, Yayasan al-Hamidiyah Sawangan Depok, telah mengimplementasikan dengan memadukan prinsip-prinsip manajemen pendidikan tradisional dan manajemen pendidikan modern. Pola pengembangan manajemen tradisional dan pola pengembangan manajemen modern berdampak positif terhadap kemajuan lembaga pendidikan di lingkungan Yayasan al-Hamidiyah, hal tersebut dapat terlihat dari tiga fase inovasi manajemen tersebut, yaitu pada tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap pengembangan program Yayasan al-Hamidiyah Sawangan Depok. Dalam memajukan yayasan pendidikan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang rasional. Pengembangan lembaga pendidikan di yayasan ini disesuaikan dengan tuntutan zaman dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan. Tipologi manajemen yang dikembagkan oleh yayasan adalah rational-collective-managerial.

Published
2021-09-30
How to Cite
Khaer, A., Khalimi, K., & Ikhwan, I. (2021). Pola Pengembangan Manajemen Pendidikan Berbasis Tradisional dan Modern Terhadap Kemajuan Lembaga Pendidikan Islam. Eduprof : Islamic Education Journal, 3(2), 108-129. https://doi.org/10.47453/eduprof.v3i2.89

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.