Manajemen Kepemimpinan dalam Perspektif Tafsir Al-Manar

  • Muhammad Amin Fathih UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Tutik Hamida UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Aunur Rofiq UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Kepemimpinan, Perspektif Al-Qur’an, Tafsir Al-Manar

Abstract

Leadership is a very important aspect of human life. As it is known that humans are created as social beings, meaning that in living their lives on this earth, humans cannot walk individually. Therefore, humans as creatures who need each other need to have a leader to be able to direct and align the goals to be achieved by each individual. Leadership in the Qur'an itself is explained by various terms and different editors, one of which is in one editor it is termed ulul amri while in another it is described as caliph. Researchers in this study will examine these two keywords according to the perspective of Tafsir Al-Manar.

With the results, said the caliph in Q.S Al-Baqarah verse 30 explaining that humans in this world have a duty as khalifatullah on earth, therefore two tasks must be carried out by humans, the first task is to be able to prosper the earth through the potentials that Allah has given. give to humans as well as reason and mind, secondly, the duty is to always carry out Allah's commands and stay away from His prohibitions. Meanwhile, the word ulul amri in Q.S An-Nisa' verse 59 hints to the leader to put forward a democratic leadership attitude in the sense of always building teamwork and deliberation in deciding and determining a case. return to the truth of the Qur'an, Hadith, and the results of the official ijma'. Rasyid Rida's interpretation of ulil amri to ahlul halli wal aqdi indicates that leaders must be appointed from people who have the competence and understand the common good.

Abstrak

Kepemimpinan merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sebagaimana diketahui bahwa manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, artinya dalam menjalani kehidupannya di muka bumi ini, manusia tidak bisa berjalan secara perindividu. Oleh karena itu, manusia sebagai makhluk yang saling membutuhkan satu sama lainnya perlu memiliki seorang pemimpin untuk bisa mengarahkan dan menyelaraskan tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh setiap individu. Kepemimpinan dalam Al-Qur’an sendiri dijelaskan dengan berbagai Istilah dan redaksi yang berbeda-beda, salah satunya dalam satu redaksi di istilahkan dengan ulul amri sedangkan di redaksi lain dijelaskan dengan khalifah. Peneliti dalam penelitian ini akan mengkaji dua kata kunci tersebut menurut perpektif Tafsir Al-Manar. Dengan hasil, kata khalifah dalam QS Al-Baqarah ayat 30 menjelaskan bahwa manusia di dunia ini memiliki tugas sebagai khalifatullah di muka bumi, oleh karena itu ada dua tugas yang harus dijalankan manusia, pertama bertugas untuk bisa memakmurkan bumi melalui potensi-potensi yang sudah Allah berikan kepada manusia seperti halnya akal dan pikiran, kedua, bertugas untuk selalu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Sedangkan kata ulul amri dalam QS An-Nisa’ ayat 59 mengisyaratkan kepada pemimpin untuk mengedepankan sikap kepemimpinan yang demokratis dalam artian selalu membangun kerjasama tim dan musyawaroh dalam memutuskan dan menentukan suatu perkara, Kemudian apabila memang terdapat perbedaan pandangan atau pendapat maka pemimpin dan semua anggotanya harus mengembalikan kepada kebenaran Al-Qur’an, Hadist dan hasil ijma’ resmi. Penafsiran Rasyid Rida tentang ulil amri kepada ahlul halli wal aqdi mengindikasikan bahwa pemimpin harus benar-benar diangkat dari orang yang memang memiliki kompetensi dan mengerti akan kemaslahatan bersama.

References

Abas, Saehu, 'Pengawasan dalam Pendidikan (Telaah Kajian Hadits Tarbawi)', Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1.2 (2020), 93-110

Abas, Saehu., and Mabrur, Hajjin, ‘Rekonstruksi Epistemologi Pendidikan Agama Islam’, Eduprof: Islamic Education Journal, 4.1 (2022), 77-99

Antonio, Muhammad Sayfii, Muhammad SAW The Super Leader Super Manager (Jakarta: Tazkia Publishing & ProLM centre, 2009)

Ekosiswoyo, Rasdi, ‘Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan’, Jurnal Ilmu Pendidikan, 14.2 (2016)

Fitrah, Muh, ‘Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan’, Jurnal Penjaminan Mutu, 3.1 (2017), 31–42

Harapan, Edi, ‘Visi Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Mutu Pendidikan’, JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 1.2 (2017), 133-145

Hasanah, Uswatun, ‘Model dan Karakteristik Penafsiran Muhammad Abduh dan Rasyîd Ridlâ dalam Tafsîr Al-Manâr,’ Jurnal Hermeneutik, 9.2 (2015)

Hidayat, Rais., Dyah M, Vicihayu., and Ulya, Himmatul, ‘Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoritis’, Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4.1 (2019), 61–68

Ilyas, Hamim, Mengembalikan Fungsi Alquran: Paradigma dan Metode Tafsir al-Manar dalam Upaya Integrasi Hermeneutika dalam Kajian Qur’an dan Hadist, Ed. Syafa’atun Almirzanah, Sahiron Syamsuddin (Yogyakarta: Lembaga Penilitian UIN Sunan Kalijaga, 2012)

Imarah, Muhammad, Mencari Format Peradaban Islam (Diterjemahkan Dari Buku Al-Masyru’ al-Had dari al-Islami, Oleh Muhammad Yasar Dan Muhammad Hikam) (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005)

Izzan, Ahmad, Metodologi Ilmu Tafsir (Bandung: Tafakur, 2011)

Kharlie, Ahmad Tholabi, ‘Metode Tafsir Muhammad Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha dalam Tafsîr Al-Manâr’, TAJDID, 25.2 (2018), 119-140

Maryam, Jameelah, Islam dan Modernisme: Terj. A. Jaenuri dan Syafiq A. Mughni (Surabaya: Usaha Nasional, 1982)

Noor, Muslichan, ‘Gaya Kepemimpinan Kyai’, Jurnal Kependidikan, 7.1 (2019), 141-156

Patimah, Siti, Manajemen Pendidikan Islam Aplikasi dalam Organisasi Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2015)

Rida, Rasyid, Tafsir Al-Qur’an al-Hakim (Tafsir al-Manar), Juz 5 (Bairut: Dar al-Fikr, 2007)

Wasehudin, ‘Kepemimpinan Profetik Dalam Perspektif Manajemen Pendidikan Islam’, Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4.02 (2018), 227–36

Yanto, Murni., and Fathurrochman, Irwan, ‘Manajemen kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan’, Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7.3 (2019), 123-130

Yusuf, Sayyed, Rasyid Rida Wal ‘Audah Ila Manhaj as-Salaf, 1st edn (Kairo: Mathba’ lin Nasyr wa al-Maklumat, 2000)

Zahro, Anna Ma'ratuz., Sobri, Ahmad Yusuf., and Nurabadi, Ahmad, ‘Kepemimpinan Perubahan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan’, JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1.3 (2018), 358-363

Published
2022-09-28
How to Cite
Fathih, M., Hamida, T., & Rofiq, A. (2022). Manajemen Kepemimpinan dalam Perspektif Tafsir Al-Manar. Eduprof : Islamic Education Journal, 4(2), 47-67. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.106

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.