Pendidikan Perempuan di Ruang Publik Perspektif Abdul Halim Abu Syuqqah

  • Hanna Tazkiyatunnisak Universitas Ibn Khaldun Bogor
Keywords: Pendidikan Perempuan, Ruang Publik, Abdul Halim Abu Syuqqoh

Abstract

Keterlibatan perempuan dalam ruang publik, terlebih muslimah seharusnya mendapat perhatian lebih dari ulama dan tokoh-tokoh agama, sebagaimana syariat memberikan rambu-rambu dalam interaksi muslimah pada semua aspek kehidupannya. Pada tulisan ini, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai program pendidikan peran muslimah dalam ruang publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa konsep pemikiran pendidikan muslimah di ruang publik menurut Abdul Halim Abu Syuqqah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Konsep peran muslimah di ruang publik menurut Abdul Halim Abu Syuqqah terbagi menjadi empat kategori yaitu pendidikan, ekonomi, sosial dan politik. Pokok daru semnua hal antara laki-laki dan perempuan dalm Islam adalah sama, kecuali ada ketetapan tentang perbedaan yang sesuai dengan syariat. Dalam Al-Quran maupun Hadits telah dijelaskan bahwa ada hak-hak wanita mengenai pendidikan dan pengajaran agar wanita mampu melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik, ditambah kondisi globalisasi saat ini yang memberikan ruang setara antara laki-laki dan perempuan di bidang publik, sehingga pendidikan menjadi hal yang wajib untuk dipenuhi bagi kaum wanita.

References

Abas, Saehu, ‘Pengembangan Sosiologi Kurikulum Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Husnul Khotimah Kuningan’, Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 1.2 (2018), 159-178

Abas, Saehu., and Mabrur, Hajjin, ‘Rekonstruksi Epistemologi Pendidikan Agama Islam’, Eduprof: Islamic Education Journal, 4.1 (2022), 77-99

Afif, Moh, ‘Peran Perempuan dalam Pendidikan Perspektif M. Quraish Shihab’, Tadris: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam, 13.2 (2019), 1-10

Ainiyah, Qurrotul, ‘Urgensi Pendidikan Perempuan dalam Menghadapi Masyarakat Modern’, Halaqa: Islamic Education Journal, 1.2 (2017), 97-109

Al-Attas, Syed Muhammad Al-Naquib, Konsep Pendidikan dalam Islam (Bandung: Mizan, 1984)

Al-Hambali, Ibn Rajab, The Excellence of Knowledge (Birmingham: Darussunnah Publisher, 2010)

Creswell, John W, Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approach (USA: Sage Publication, 1994)

Hammas, Edgar, The Untold Story: Sejarah Islam Yang Belum Terungkap (Jakarta: Generasi Shalahuddin Berilmu, 2021)

Kementrian, ‘Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinamika Pertumbuhan Srikandi Indonesia di Sektor Publik’, Dipublikasikan

Luciana, ‘Pendidikan Wanita dalam Persfektif Filsafat Pendidikan Islam’, Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 4.1 (2019), 92-105

Noor, Triana Rosalina., Inayati, Isna Nurul., and Bakri, Maskuri, ‘Majelis Taklim sebagai Transformator Pendidikan, Ekonomi dan Sosial Budaya pada Komunitas Muslimah Urban’, Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14.1 (2021), 1-19

Qardhawi, Yusuf, Sistem Pendidikan Ikhwanul Muslimin (Jakarta: Media Dakwah, 1988)

Sulthani, Dinil Abrar, ‘Internalisasi Pendidikan Agama dalam Membentuk Masyarakat Madani’, Humanities, 3.1 (2018), 67-78

Syuqqah, Abdul Halim Abu, Kebebasan Wanita (Jakarta: Gema Insani Press, 1997)

Published
2022-09-28
How to Cite
Tazkiyatunnisak, H. (2022). Pendidikan Perempuan di Ruang Publik Perspektif Abdul Halim Abu Syuqqah. Eduprof : Islamic Education Journal, 4(2), 33-46. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.150

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.