Film sebagai Media Syiar dan Dakwah dalam Membangun Citra Positif Islam

Authors

  • Khaeruddin Khaeruddin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.169

Keywords:

Film; Media; Islam.

Abstract

Islam merupakan salah satu agama yang banyak dianut oleh masyarakat Dunia, salah satunya yaitu di Indonesia, dimana Agama Islam menjadi agama mayoritas pada masyarakat. Tetapi hal tesebut tidak serta merta membuat ajaran islam disukai banyak orang. Diketahui bahwa dewasa ini muncul gerakan kebencian berlebihan terhadap Islam yang disebut pula dengan Islamophobia. Citra Islam dimata masyarakat dunia saat ini tentu saja perlu dibangun kembali. Adanya streotype negatif terhadap umat Islam perlu dikembalikan agar tidak berlarut-larut, karena umat Islam berhak untuk hidup aman dan damai. Salah satu upaya dalam mengembalikan citra Islam adalah memberikan penjelasan tentang Islam melalui media film. Dalam artikel ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif  melakukan kajian literatur, yang berasal dari buku, e-book, jurnal, makalah maupun sumber lain yang dianggap berkaitan dengan penelitian Ini. Berdasarkan hasil penulisan artikel ini saya menarik kesimpulan bahwa film merupakan media komunikasi yang efektif dalam mengkomunikasikan nilai-nilai kepada masyarakat sehingga perilaku penonton dapat berubah mengikuti apa yang disaksikannya dalam berbagai film. Maka dari itu, film sangat memungkinkan sekali jika digunakan sebagai sarana penyampaian syiar atau dakwah Islam kepada masyarakat luas.

References

DAFTAR PUSTAKA
Aisyah, S. (2016). Representasi Islam Dalam Film Get Married 99% Muhrim. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Arnus. (2016). Membangun Citra Positif Islam Melalui Film 99 Cahaya Di Langit Eropa. Al-Munzir, 9(2), 284–298.
A'yun, A. (t.thn.). Relasi Gender dalam Film-Film Bertema Islam. Candrarupa , 6
Dewi, N. N. (2017). Peran Gender dalam Film Religi Islam Indonesia (Studi Analisis Isi Kualitatif Peran Gender dalam Film Religi Islam Indonesia). 16-17
Erlangga. (2018). Representasi Identittas Agama Anak Muda Islam Dalam Film Cinta Subuh 2: Analisis Semiotika Jhon Fiske. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Fabriar, S. R. (2009). Pesan Dakwah Dalam Film Perempuan Berkalung Sorban (Analisis Pesan Tentang Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Islam. IAIN Walisongo.
Fadillah, L. N. (2018). Representasi Diskomunikasi Dalam Film Talak 3 (Analisis Hermneutika Gadamer). IAIN.
Fitri, E. (2013). Studi Analisis Isi Kekerasan Terhadap Wanita Dalam Film Indonesia Bergenre Religi Periode Tahun 2011. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hakim, L. (2015). Agama & Film: Pengantar Studi Film Religi Buku Perkuliahan Program S-1 Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Idhan, P. (2020). Nilai-Nilai Toleransi Dalam Film Upin Ipin Dan Relevansinya Dengan Konteks Indonesia.
Kartika, A. D. (2018). Islamphobia Dan Antisemitisme Modern Pada Media Online Jerman. Paramasastra, 5(2).
Khomsani, K. T. (2020). Representasi Islamphobia Dalam Film Bulan Terbelah Di Lagit Amerika (Analisis Semiotika John Fiske). IAIN.
Miftahuddin. (2008). Islam dan Muhammad Saw dalam Perspektif Historis. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–9.
Moordiningsih. (2015). Islamophobia dan Strategi Mengatasinya. Buletin Psikologi, 12(2), 73–84.
Muamaroh, E. (2016). Dialog Islam dan Barat (Analisis Hermeneutika Derrida Atas Film 99 Cahaya Di Langit Eropa). IAIN Purwokerto.
Mubasyaroh. (2014). Film sebagai Media Dakwah (Sebuah Tawaran Alternatif Media Dakwah Kontemporer). At-Tabsyir , 12-13.
Mufidah, S. (2019). Nilai-Nilai Akhlak Mulia Santri Dalam Film Cahaya Cinta Pesantren (Analisis Semiotika Roland Barthes. IAIN.
Nurkamilasari, W. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin Pada Episode Tema Ramadhan Karya Moh Nizam Bin Abd Razak. IAIN Purwokerto.
P, Efendi. (2009). Dakwah Melalui Film. Al-Tajdid , 129-130.
Pohi, M. H. (2017). Islam dalam Film My Name is Khan (Sebuah Analisis Framing).
Rabbani, S. (2017). Representasi Nilai Akhlak Dalam Film Bulan Terbelah di Langit Amerika. Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.
Rahayu, M. (n.d.). Representasi Muslim Arab Dalam Film-Film Hollywood. Universitas Gajah Mada.
Syah, H. (2013). Dakwah dalam Film Islam di Indonesia (Antara Idealisme Dakwah dan Komodifikasi Agama). Dakwah, 14(2).
Widianingrum, S. A. (2012). Rasisme dalam Film Fitna (Analisis Semiotika Rasisme di Dalam Film Fitna). 62-64.
Yulianti, D. R. (2018). Penolakan Isu Islamophobia Dalam Film Indonesia (Analisis Wacana Dalam Dialog Film Bulan Terbelah Di Langit Amerika Karya Rizal Mantovani). University of Muhammadiyah Malang.

Additional Files

Published

2022-09-28

How to Cite

Khaeruddin, K. (2022). Film sebagai Media Syiar dan Dakwah dalam Membangun Citra Positif Islam. Eduprof : Islamic Education Journal, 4(2), 199–213. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.169