Membentuk Karakter Kepemimpinan Santri Melalui Program Leadership di Pondok Pesantren Kampung Quran

Authors

  • Pahrizal Pahrizal Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bambang Samsul Arifin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aan Hasanah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.186

Keywords:

Karakter, Leadership, Santri

Abstract

Membuat sebuah Negara yang berkembang dan maju mesti dimulai dari membentuk karakter yang baik pada sumber daya manusianya (SDM) terutama pada generasi muda sebagai penerus bangsa. Pembentukan ini sangat efektif dimulai dari umur masih muda seperti pada masa sekolah karena waktu itu merupakan masa daya tangkap mereka masih jernih sehingga mudah diterapkan pada mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membentuk karakter kepemimpinan santri melalui program leadership di Pondok Pesantren Kampung Quran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana membentuk karakter kepemimpinan santri melalui program leadership di Pondok Pesantren Kampung Quran dengan pengambilan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun hasil dari kajian ini yaitu membentuk karakter kepemimpinan santri melalui program leadership yaitu dengan membentuk Life Skill dan Sosial Skill agar nantinya mempunyai keterampilan hidup serta keterampilan social sehingga terbentuk karakter santri yang baik, baik dalam ranah kehidupannya maupun sosialnya.

 

Kata Kunci : Karakter; Leadership; Santri

References

Basir, Abdul, and Willy Ramadan, ‘Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Melalui Sekolah Alam (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Alam Muhammadiyah Banjarbaru)’, Jurnal Studi Gender Dan Anak, 4 (2017), 1–14 <https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12372.55687>

Basyar, Muhammad Khairul, ‘Strategi Musyrif Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Dan Kemandirian Siswa Boarding School’, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7 (2020), 11 <https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i1.y2020.p11-26>

Email, Sadali, Prodi Pendidikan, Agama Islam, and Iain Bone, ‘Eksistensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam’, ATTA’DIB Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (1AD), 53–70

Fadholi, Ahmad, ‘Muhammad Sebagai Pemimpin Agama Dan Negara’, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5 (2020), 15–25 <http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/misykah>

Gea, Antonius Atosökhi, ‘Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif Dan Efisien’, Humaniora, 5 (2014), 777 <https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133>

Hayati, Anisa Dewi Nur, Azhar Haq, and Kukuh Santoso, ‘Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di Mts Negeri Batu’, VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (2020)

Hidayat, Wahyu, and Muhammad Dzulfiqar Bimansyah Putra Diaying, Muhammad Olifiansyah, ‘Kepemimpinan Dan Perspektif Islam’, Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14 (2020), 8

Ismi, Trias, ‘7 Social Skill Yang Bermanfaat Untuk Membantu Kesuksesan Kariermu’, Glints, 2021 <https://glints.com/id/lowongan/social-skill/#.Y7kkIbVBzIU> [accessed 7 January 2023]

Jaharudin, Jaharudin, ‘Aplikasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Pada Mata Pelajaran Biologi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar’, Jurnal Pendidikan, 6 (2018), 1–14 <https://doi.org/10.36232/pendidikan.v6i2.34>

Komariah, Nur, ‘Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School’, HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (2016), 183–98

Kurniawan, Andre, ‘Pengertian Kepemimpinan Beserta Fungsi Dan Tujuannya’, Merdeka.Com, 2021 <https://www.merdeka.com/jabar/pengertian-kepemimpinan-beserta-fungsi-dan-tujuannya-kln.html> [accessed 6 January 2023]

Marzuki, Pendidikan Karakter Islam (Jakarta: AMZAH, 2015)

Mekari, ‘Pentingkah Program Leadership?’, Jurnal EnterpreneurCoba Gratis Jurnal Hubungi Kami, 2023 <https://www.jurnal.id/id/blog/pentingnya-program-leadership-bagi-siswa/> [accessed 7 January 2023]

Muhammad, Giantomi, Aan Hasanah, and Samsul Arifin, ‘Proses Manajemen Peserta Didik Dalam Membentuk Karakter Religius’, Atthulab: Islamic Religion Teaching & Learning Journal 6, 6 (2021), 161–74

Mustofa, Edi, ‘Peningkatan Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pembiasaan Mencuci Tangan’, Jurnal Pendidikan Islam, 3 (2019), 25–32

Nugraha, Muhamad Tisna, and Aan Hasanah, ‘Membentuk Karakter Kepemimpinan Pada Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Deep Learning’, AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 3 (2021), 15–23

Nurkholis, ‘Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi’, Jurnal Kependidikan, 1 (2013), 24–44

Omeri, Nopan, ‘Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan’, Manajer Pendidikan, 9 (2015), 464–68 <https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156>

Pitaloka, Angelica Fajar, and Julia Ivanna, ‘Pentingnya Soft Skill Dalam Membangun Jiwa Kepemimpinan’, Jurnal Hikmah, 15 (2018)

Purwaningrum, Septiana, ‘Santri Produktif: Optimalisasi Peran Santri Di Era Disrupsi’, Prosiding Nasional, 2 (2019), 101–16

Rachmadyanti, Putri, and Rochani Rochani, ‘Pengembangan Social Skill Siswa Sekolah Dasar Melalui Teknik Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique)’, DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1 (2017), 70–78 <https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.15290>

Samani, Muchlas, and M.S. Hariyanto, Pendidikan Karakter, 7th edn (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2022)

Samrin, ‘Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai)’, Jurnal Al-Ta’dib, 9 (2016), 120–43

Sanjaya, Putu, ‘Pentingnya Kepemimpinan Dan Kemampuan Manajerial Untuk Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan’, Jurnal Penjaminan Mutu, 2 (2016), 127 <https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.78>

Sarbiran, ‘Keterampilan Dan Kecakapan Hidup (Life Skill): Sebuah Persoalan Martabat Manusia’, Cakrawala Pendidikan, 21 (2002), 147–65

Solikin, Asep, Muhammad Fatchurahman, and Supardi Supardi, ‘Pemimpin Yang Melayani Dalam Membangun Bangsa Yang Mandiri’, Anterior Jurnal, 16 (2017), 90–103 <https://doi.org/10.33084/anterior.v16i2.41>

Suardipa, I Putu, and Ketut Widiara, ‘Urgensi Social Skill Dan Leadership Skill Dalam Perspektif Pedagogi’, Maha Widya Bhuwana, 4 (2011), 28–35

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2017)

Suherman, Usep Deden, and Fakultas, ‘PENTINGNYA KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI Usep’, Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Bisnis Syariah, 1 (2019) <https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results>

Sujana, I Wayan Cong, ‘Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia’, Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (2019), 29 <https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927>

Suyanto, Edy, ‘Mengenal Kepemimpinan Dan Model Kepemimpinan’, Kementrian Keuangan Republik Indonesia, 2018 <https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-jateng/baca-artikel/12708/Mengenal-Kepemimpinan-dan-Model-Kepemimpinan.html> [accessed 6 January 2023]

Syahril, Sulthon, ‘Teori -Teori Kepemimpinan’, RI"AYAH, 4 (2019)

Ustmani, M. Mujib, ‘Penguatan Karakter Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits’, Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 7 (2021), 54–64

Veithzal, and Deddy Mulyadi, Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi Edisi Ketiga (Rajawali Pers: Rajawali Pers, 2013)

Additional Files

Published

2023-03-31

How to Cite

Pahrizal, P., Arifin, B. S., & Hasanah, A. (2023). Membentuk Karakter Kepemimpinan Santri Melalui Program Leadership di Pondok Pesantren Kampung Quran. Eduprof : Islamic Education Journal, 5(1), 149–167. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.186