Konsep Memilih Teman Perspektif Syaikh Ibnu Athā’illāh al-Sakandarī dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam

  • Pahrizal Pahrizal Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurwadjah Ahmad Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Andewi Suhartini Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Islam; Pendidikan; Teman

Abstract

Sebagai manusia makhluk social tidak luput mempunyai teman, karena butuh teman interaksi dan komunikasi, umat Islam dianjurkan untuk mencari teman yang baik dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, dalam hal ini supaya manusia khususnya umat Islam tidak terjerumus dalam jalan yang tidak diridhai Allah SWT, perlu ada konsep memilih teman yang baik yang dianjurkan karena sangat berpengaruh atau berimplikasi dengan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengakaji bagaimana kosnep berteman perspektif Syeikh Ibnu Athā’illāh al-Sakandarī dan bagaimana implikasinya terhadap pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kepustakaan (library research) yaitu dengan  cara mengakaji kitab al-Hikam yang dikarang oleh Syeikh Ibnu Athā’illāh Al Sakandarī, dan mengumpulkan data dari berbagai sumber kajian-kajian ilmiah sebelumnya. Hasil temuan dalam penelitian yaitu, konsep memilih teman perspektif Syeikh Ibnu Athā’illāh al-Sakandarī adalah seseorang yang keadaanya bisa membawa kita semangat dan ucapannya bisa membimbing kita ke jalan Allah SWT. Karena bertemanan itu berimplikasi Akhlak, amanah, dan penguat akidah kita kepada Allah SWT

References

Andika, Titin, Muhammad Taqiyuddin, and Nurma Yunita, ‘Amanah Dan Khianat Dalam Al-Qur’an Menurut Quraish Shihab’, Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 5 (2020), 177–206 <https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/alt/article/view/926>

Anwar, Saeful, and Yudi Daryadi, ‘Konsep Manusia Sempurna Menurut Muhammad Taqî Misbâh Yazdî’, JAQFI: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 1 (2019) <https://www.academia.edu/72675521/Konsep_Manusia_Sempurna_Menurut_Muhammad_Taqî_Misbâh_Yazdî>

Aprilianto, Andika, and Wahyuni Mariana, ‘Permainan Edukase (Game) Sebagai Strategi Pendidikan Karakter’, Jurnal Pendidikan Islam, 1 (2018), 139–58

Damayanti, Putri, and Haryanto Haryanto, ‘Kecerdasan Emosional Dan Kualitas Hubungan Persahabatan’, Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3 (2019), 86 <https://doi.org/10.22146/gamajop.43440>

Darnoto, and hesti triyana Dewi, ‘Pergaulan Bebas Remaja Di Era Milenial Menurut Perspektif Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Tarbawi, Vol. 17. N (2020), 46–60

Firdausiyah, Jaudatul, ‘Kajian Tematik Tentang Hadis-Hadis Pertemanan Perspektif Psikologi’ (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2021)

Habibahi, Umi, Nurhidayani Aisyiyah, and Lela Iman Ningrum, ‘Studi Tentang Status Perkawinan Mahasiswa Reguler Pgsd Tegal Hubungannya Dengan Prestasi Akademik’, Journal of Elementary Education, 1 (2012) <https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/307>

Herlina, and Riris Loisa, ‘Analisis Dampak Kualitas Persahabatan Pada Peningkatan Kinerja Dan Kebahagian Di Tempat Kerja Generasi Milenial’, Journal Of Sommunication Studies, 3 (2018), 15–31

Hermawan, Iwan, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini, ‘Konsep Amanah Dalam Perspektif Pendidikan Islam’, QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12 (2020), 141–52 <https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.389>

Ibnu ‘Athā’illah al-Sakandarī, Al Hikam Al ‘Athā’Iyyah (al-Qahirah: Markaz al-Ahram Li al-Tarjamah Wa al-Nasyr, 1988)

Ibrahim, Muhammad bin, Syarh Al Hikām (Ma’had Al Islāmī Al Salafī)

Karim, Pangulu Abdul, ‘Fungsi Aqidah Dan Sebab-Sebab Penyimpangan Dalam Aqidah’, Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII (2017), 33–42

Kurniawan, Yusuf, and Ajat Sudrajat, ‘Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah)’, SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14 (2017) <https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17641>

Ma’rufah, Hafidhoh, ‘Tips Berteman Dari Ibnu Athaillah As-Sakandari’, Islami.Co, 2020 <https://islami.co/tips-berteman-dari-ibnu-athaillah-as-sakandari/> [accessed 28 December 2022]

Nathania, Ruth Avrilda, ‘Waspadai Pergaulan Bebas Bagi Generasi Bangsa’, Balitbang Hukum Dan HAM, 2016 <https://www.balitbangham.go.id/detailpost/waspadai-pergaulan-bebas-bagi-generasi-bangsa> [accessed 23 March 2023]

‘No Title’ <http://repository.stiedewantara.ac.id/1868/5/BAB III.pdf.> [accessed 28 December 2022]

Ramadhani, Nazli Badrul Aini, ‘Memilih Pertemanan Dalam Alquran (Analisis Penafsiran Kata Khalili Menurut M. Quraih Shihab Dalam Tafsir Al-Mishbah)’ (UIN Sumatera Utara Medan, 2022)

Rusmin B., Muhammad, ‘Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam’, Inspiratif Pendidikan, 6 (2017), 72 <https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.4390>

Suhada, Ade Anang, Muliadi Muliadi, and Dodo Widarda, ‘Kebahagiaan Menurut Syeikh Ibnu Atha’illah as-Sakandari’, Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2 (2022), 180–97 <https://doi.org/10.15575/jpiu.13590>

Suhaida, Putri, and Safri Mardison, ‘Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII Di MTsN Lembah Gumanti Kabupaten Solok’, Https://Media.Neliti.Com <https://media.neliti.com/media/publications/324477-pengaruh-teman-sebaya-terhadap-konsep-di-bbdbcf18.pdf> [accessed 28 December 2022]

Wage, W, Makhful Makhful, and Mintaraga Eman Surya, ‘Pendidikan Islam Berwawasan Kerahmatan’, Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 22 (2021), 105 <https://doi.org/10.30595/islamadina.v22i1.9144>

Published
2023-03-31
How to Cite
Pahrizal, P., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2023). Konsep Memilih Teman Perspektif Syaikh Ibnu Athā’illāh al-Sakandarī dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Eduprof : Islamic Education Journal, 5(1), 1-14. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.180

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.