Membangun Jiwa Entrepreneurship dalam Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi

Authors

  • Fidya Arie Pratama Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Millah Kamillah Muslimat Universitas Islam Nusantara
  • R Dewi Rahmasari Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Ade Surya Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Kustati Kustati Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i1.128

Keywords:

enterpreneurship, pendidikan, agama, filsafat, sosiologi

Abstract

In the midst of an era of educational disruption that is said to be modern as it is today, the workforce is increasing from year to year. New innovations and breakthroughs are always a demand to be able to answer all the challenges of the times. The entrepreneurial spirit must be instilled and developed in students because when they are difficult to be in society, they must be able to answer all the challenges of changing times and be able to compete not only in the business world and the industrial world but they are also able to create jobs so that they can provide good benefits for the community. himself, his family, the surrounding environment, and the State. This study uses a descriptive qualitative method of literature study and raises several cases from both formal and informal educational institutions. The results of the study show that the Islamic religion does not provide an explicit explanation regarding the concept of entrepreneurship, but between the two there is a fairly close relationship; have a very close spirit or soul, even though the technical language used is different. In terms of philosophy, entrepreneurship education aims to shape human beings as a whole, as people who have character, understanding and skills as entrepreneurs. Basically, entrepreneurship education can be implemented in an integrated manner with educational activities in schools. From a psychological perspective, entrepreneurship is an ability to think creatively and behave innovatively which is used as a basis, resource, driving force for goals, tactics, tips and processes in facing life's challenges. In terms of Sociology of entrepreneurship is the study of entrepreneurial practices seen through sociology, which states that there is one part of a large body of sociology where in general this science examines society and humans in society which specifically examines entrepreneurship.

ABSTRAK

Ditengah era disrupsi pendidikan yang dikatakan modern seperti sekarang ini, angkatan kerja dari tahun ke tahun semakin bertambah. Inovasi dan terobosan baru selalu menjadi tuntutan untuk dapat menjawab segala tantangan zaman. Jiwa entrepreneurship wajib ditanamkan dan ditumbuhkembangkan dalam diri peserta didik karena ketika mereka susah berada dalam masyarakan maka mereka harus bisa menjawab segala tantangan perubahan zaman serta mampu bersaing tidak hanya dalam dunia usaha dan dunia industri tapi mereka juga mampu menciptakan lapangan kerja agar dapat memberikan manfaat baik bagi diri pribadinya, keluarganya, lingkungan sekitarnya, dan Negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftf studi literature dan mengangkat beberapa kasus baik dari lembaga pendidikan formal maupun informal. Hasil penelitian menunjukkan sisi agama Islam memang tidak memberikan penjelasan secara eksplisit terkait konsep tentang kewirausahaan ini, namun di antara keduanya mempunyai kaitan yang cukup erat; memiliki ruh atau jiwa yang sangat dekat, meskipun bahasa teknis yang digunakan berbeda. Dari sisi filsafat Pendidikan kewirausahaan bertujuan untuk membentuk manusia secara utuh, sebagai insan yang memiliki karakter, pemahaman dan ketrampilan sebagai wirausaha. Pada dasarnya, pendidikan kewirausahaan dapat diimplementasikan secara terpadu dengan kegiatan-kegiatan pendidikan di sekolah. Dari sisi psikologi Kewirausahaan adalah suatu kemampuan dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup. Dari sisi Sosiologi kewirausahaan adalah kajian terhadap praktik kewirausahaan yang dilihat melalui ilmu sosiologi menyatakan bahwa bahwa terdapat satu bagian dari badan besar ilmu sosiologi dimana secara umum ilmu ini mengkaji masyarakat dan manusia dalam masyarakat yang khusus mengkaji tentang kewirausahaan

Additional Files

Published

2022-03-31

How to Cite

Pratama, F. A., Muslimat, M. K., Rahmasari, R. D., Surya, A., & Kustati, K. (2022). Membangun Jiwa Entrepreneurship dalam Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Eduprof : Islamic Education Journal, 4(1), 181–194. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i1.128