Pengaruh Pemberian Punishment Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Di SDN Cisetu III

  • Gilang Maulana Jamaludin Universitas Majalengka
  • Lili Yulianti Universitas Majalengka
  • Mas’ud Mas’ud Universitas Majalengka
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Pemberian Punishment; Kedisiplinan Belajar

Abstract

This study discusses the effect of punishments on student learning discipline in Islamic religious education subjects. With the existence of Islamic religious education in which there are religious values ​​which are used as an effort to guide and practice Islamic teachings. Because punishment is an educational tool to support the smoothness of the educational process. One of the educational tools that can be used to improve discipline in learning is by giving punishment. This type of research method used is a type of experimental research. The research design used was Pre Experimental Design. The instruments used in this study were questionnaires, observation and tests. The sample in this study were fourth grade students of SDN Cisetu III Rajagaluh. Analysis of the data used is the prerequisite test (normality and homogeneity ) and hypothesis testing. The results of this study indicate that the punishment for the discipline of student learning in the fourth grade Islamic religious education subject at SDN Cisetu III has an effect with t count 41.04 greater than t table 2.063 with a level significant 5%.

Abstrak

Kajian ini membahas tentang Pengaruh Pemberian Punishment terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan adanya pendidikan agama Islam yang didalamnya terdapat nilai-nilai keagamaan yang dijadikan sebagai upaya untuk membimbing dan mengamalkan ajaran Islam. Karena punishment merupakan alat pendidikan guna mendukung kelancaran proses pendidikan. Salah satu alat pendidikan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar yaitu dengan pemberian punishment. Jenis metode penelitian yang digunakan ini adalah jenis penelitian eksperimen.  Desain penelitian yang digunakan Pre Exsperimental Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, observasi dan tes. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Cisetu III Rajagaluh. Analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis. hasil penelitian ini menunjukan bahwa punishment terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV di SDN Cisetu III terdapat pengaruh dengan t hitung 41,04 lebih besar dari t tabel 2,063 dengan taraf sigmifikan 5%.

References

Amir Daien, Indrakusuma, ‘Pengantar Ilmu Pendidikan’ (Surabaya: Usaha Nasional, 1973)

Handitya, Binov, ‘Peran Pendidikan Dalam Membangun Moral Bangsa Di Era Disrupsi’, in Seminar Nasional PKn UNNES, 2018, II, 41–52

Imron, Ali, ‘Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta, PT’, Bumi Aksara, 2012

Ismail, H Fajri, Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Sosial (Kencana, 2018)

Jamaludin, Gilang Maulana, and Ani Rosidah, ‘Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penggunaan Media Lapbook’, Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6.1 (2020), 41–49

Nasional, Departemen Pendidikan, ‘Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional’, Jakarta: Depdiknas, 33 (2003)

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan (PT RajaGrafindo, 1998)

Sugiyono, P D, ‘Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D’, Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 2017

Sugiyono, Statistik, ‘Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif’, Bandung: CV. Alfabeta, 2018

Wasty, Soemanto, ‘Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin’ (Jakarta, Rineka Cipta, 2012)

Widiantari, Dian, ‘Analisis Nilai Karakter Melalui Program Vocational Camp Di Madrasah Aliyah Daarul Ulum PUI Majalengka’, Eduprof: Islamic Education Journal, 2.1 (2020), 1–17

Published
2020-09-21
How to Cite
Jamaludin, G., Yulianti, L., & Mas’ud, M. (2020). Pengaruh Pemberian Punishment Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Di SDN Cisetu III. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 187 - 201. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.26

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.