Implementasi Aplikasi Ujian Computer Based Test (CBT) di SMK Piramida Kabupaten Bandung

Authors

  • Okke Rosmaladewi Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Dewinda Bunga Widdian Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Neneng Nurul Khaerani Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.195

Keywords:

computer based test, sekolah menengah kejuruan

Abstract

Alat evaluasi pembelajaran pada umumnya berupa lembaran soal yang dikerjakan siswa dan diawasi oleh guru. Dengan adanya evaluasi pembelajaran diharapkan dapat mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Kegiatan evaluasi yang tidak tepat dapat menimbulkan kecemasan siswa hingga nantinya dapat mempengaruhi hasil tes. Oleh karena itu di perlukan alat evaluasi yang dapat mengurangi tingkat kecurangan dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, maka dibuatlah alat evaluasi berbasis Computer Based Test. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analistik dengan pendekatan analis kualitiatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, dokumentasi dan observasi yang dilakukan dalam rangka mengetahui implementasi aplikasi ujian computer based test (CBT) di SMK PIRAMIDA Kabupaten Bandung. Pada kegiatan ujian CBT di SMK PIRAMIDA dilakukan dengan dua jenis perangkat keras, yang pertama ialah menggunakan gawai masing-masing siswa dan fasilitas computer yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Setelah pengimplementasian CBT terdapat perubahan dalam hal potisif dalam hal modernisasi, efisiensi waktu dan biaya, namun di sisi lain masih ada hambatan-hambatan yang terjadi dan perlu ditanggulangi.Penggunaan alat-alat teknologi untuk menunjang efisiensi dan efektifitas pendidikan. Aplikasi Computer Based Test (CBT) dapat digunakan untuk ujian agar siswa dapat melakukan ujian dengan menggunakan sistem CBT yang dapat memudahkan guru dalam mengevaluasi hasil pembelajaran. Di sisi lain perlu adanya tindakan atau upaya penanggulangan semaksimal mungkin terhadap hambatan-hambatan yang terjadi dan sekolah mampu mengatasi hambatan tersebut agar kegiatan yang sudah berjalan ini dapat berjalan dengan maksimal

References

Bartram, Dave SHL Group plc, Thames Ditton, Surrey, UK dan Hambleton, Ronald K (2001), University of Massachusetts at Amherst, USA, Computer-Based Testing and the Internet

Moloeng, LJ, 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Saptono, Widjasena (2019). Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer Atau Computer Based Test (CBT) Di Smk Negeri 1 Kabupaten Sorong

Sri Sudaryati (2016), prociding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), Universitas Muhammadiyah Surakarta

Additional Files

Published

2023-03-28

How to Cite

Rosmaladewi, O., Widdian, D. B., & Khaerani, N. N. (2023). Implementasi Aplikasi Ujian Computer Based Test (CBT) di SMK Piramida Kabupaten Bandung. Eduprof : Islamic Education Journal, 5(1), 168 – 174. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.195