Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMK Marhas Margahayu

Authors

  • Parid Abdul Hadi Anshari Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Rizky Juliansyah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Okke Rosmaladewi Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.197

Keywords:

professional, supervisi, kepala sekolah

Abstract

Supervisi dalam dunia pendidikan menjadi sangat penting dilaksanakan karena  berpengaruh terhadap profesionalisme guru, oleh karena itu agar pelaksanaan supervisi tersebut berjalan dengan baik maka perlu diketahui terlebih dahulu tentang apa dan bagaimana pelaksanaan supervisi akademik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme Guru di SMK Marhas Margahayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan supervisi yang dilaksanakan di SMK Marhas Margahayu dilaksanakan setiap tahun ajaran baru yaitu pada semester pertama dan semester kedua. Langkah-langkah supervisi yang dilaksanakan yaitu: 1) kepala sekolah membuat perencanaan penyusunan program supervisi yang diawali dengan penyusunan tim supervisi yang terdiri dari kepala sekolah dan tiga guru senior atau guru yang sudah bersertifikat, 2) kepala sekolah melakukan supervisi, 3) kepala sekolah melakukan evaluasi yang selanjutnya dianalisis oleh kepala sekolah dengan guru yang disupervisi yang kemudian dilaksanakan rapat bersama para guru terkait hasil supervisi yang sifatnya umum. Salah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya profesionalisme guru adalah kurangnya motivasi guru dalam meningkatkan kualitas diri karena guru merasa sudah terlalu nyaman di zona baik-baik saja. Upaya dalam pengembangan profesinalisme guru, diantaranya: a) menyarankan kepada guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kompetensi profesional guru, serta b) melakukan supervisi secara berkala

References

Https://smkmarhas.sch.id/?pg=berita (di akses hari kamis, pukul 14.32)

Https://www.researchgate.net/publication/334478874_Profesionalisme_Guru_dalAm_Supervisi_Pendidikan. (di akses hari rabu, pukul 12.06)

Manullang. 2005. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: UGM University Press.

Mulyasa, H.E. 2014. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya. Daftar Pustaka.

Piet Sahertian. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Sondang P. Siagian. 2009. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Undang-undang No. 14 Tahun 2005. tentang Guru dan Dosen sebagai Tenaga Profesi.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Additional Files

Published

2023-03-31

How to Cite

Anshari, P. A. H., Juliansyah, R., & Rosmaladewi, O. (2023). Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMK Marhas Margahayu. Eduprof : Islamic Education Journal, 5(1), 190 – 200. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.197