Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Tatanen di Bale Atikan Kabupaten Purwakarta
Abstract
Kurikulum Merdeka membentuk Profil Pelajar Pancasila untuk mendukung mutu Pendidikan di Indonesia terkait pada penanaman karakterĀ peserta didik yang sejalan dengan program Pendidikan di Kabupaten Purwakarta yaitu Tatanen di Bale Atikan. Penelitian bertujuan untuk mengkaji, menganalisis implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil Pancasila melalui program Tatanen di Bale Atikan (TdBA) dan apa saja hambatan dariĀ implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil Pancasila melalui program Tatanen di Bale Atikan (TdBA). Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. pengambilan data dengan wawancara dan studi Pustaka. Hasil penelitian Implementasi Program Tatanen di Bale Atikan dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Pada masing-masing sekolah sudah berjalan dengan baik sesuai dengan panduan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, program ini mendukung pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka karena memiliki kesamaan secara konsep yaitu pembelajaran berbasis proyek. Hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil Pancasila melalui program Tatanen di Bale Atikan (TDBA) adalah waktu, perbedaan kondisi sekolah dan pemahaman guru sebagai pelaksana lapangan.
References
Amir, I., Nursalam, N., & Mustafa, I. (2022). Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Profil
Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka
Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 204-215.
Chamisijatin, L., Pantiwati, Y., Zaenab, S., & Aldya, R. F. (2023). The implementation
of projects for strengthening the profile of Pancasila students in the implementation
of the independent learning curriculum. Journal of Community Service and
Empowerment, 4(1), 38-48.
Company. Ramdani, E (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan
Lokal sebagai penguatan pendidikan karakter, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial,
(1), 1-10
Hamalik Oemar (2016). Proses Belajar Mengajar, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Handayani, S. D., Irawan, A., Febriyanti, C., & Kencanawaty, G. (2022). Mewujudan
Pelajar Pancasila dengan Mengintegrasikan Kearifan Budaya Lokal dalam
Kurikulum Merdeka. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 76-81.
Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022, August).
Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. In SEMINAR
NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol.
, No. 1, pp. 181-192).
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap
karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar
Islam, 5(2), 138-151.
Kemendikbudristek, 2021, Kurikulum Merdeka Sebagai Opsi Satuan Pendidikan dalam
Rangka Pemulihan Pembelajaran Tahun 2022 s.d 2024. Diunduh tanggal 25-11-
, https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/
Kusumawati, E. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan
Profil Pelajar Pancasila Di Jenjang Sekolah Dasar Di Sd Al-Islam 2 Jamsaren
Surakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886-893.
Lickona, Thomas. (2014). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa
Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila
Ditinjau Dari Konsep Kurikulum Merdeka. Semnas Manajemen Strategik
Pengembangan Profil Pelajar Pancasila pada PAUD dan Pendidikan Dasar, 1(1).
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal:
Projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil
pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648.
Nurdyansyah, F., Muflihati, I., Ujianti, R. M. D., Novita, M., Kusumo, H., & Ryan, J. C.
(2022). Indonesian Character Building Strategy: Planning the Pancasila Student Profile Strengthening Project in Kurikulum Merdeka. KnE Social Sciences, 362-
Panduan Tatanen di Bale Atikan Jenjang SMP (2021) Dinas Pendidikan Kabupaten
Purwakarta.
Peraturan Bupati Kabupaten Purwakarta No. 103, Tahun 2021, Program Tatanen di Bale
Atikan
Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran
Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 15(2), 76-87.
Rachman, E. A., Sari, D. Y., Humaeroh, D., Wahidin, D., & Hanafiah, H. (2022). Model
Pembelajaran Pancaniti Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP
UNMA, 8(4), 1533-1546.
Rau, D. W., Rotty, V. N. J., Usoh, E. J., Lalamentik, O. J., & Tuerah, R. M. S. (2022).
Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Yang
Berorientasi Pada Profil Pelajar Pancasila.
Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk
Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 6182-
Seno, U., Narimo, S., Fuadi, D., & Widyasari, C. (2022). Implementation of Local
Wisdom Based Learning in Realizing Pancasila Student Profiles in Elementary
Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4).
Septiani, S. (2022). Internalisasi Kecerdasan Ekologis Dalam Konteks Penguatan
Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12527-
Septiani, S. (2022). Pengaruh Atikan Purwakarta Terhadap Pembentukan Karakter
Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Di Purwakarta. Jurnal Pendidikan dan
Konseling (JPDK), 4(4), 753-757.
Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar
Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala
Education, 8(4).
Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar
Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala
Pendidikan , 8 (4).
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :
Alphabeta
Tabroni, I., & Nasihah, F. (2022). In House Training Implementation of the Independent
Curriculum based Tatanen in Bale Atikan at UPTD SD Negeri Salem,
Pondoksalam. Indonesian Journal of Society Development, 1(2), 83-104
Tabroni, I., & Nasihah, F. (2022). In House Training Implementation of the Independent
Curriculum based Tatanen in Bale Atikan at UPTD SD Negeri Salem,
Pondoksalam. Indonesian Journal of Society Development, 1(2), 83-104
Utami, W. B., Wedi, A., & Aulia, F. (2023, February). Management of Merdeka
Curriculum Towards Strengthening the Profile of Pancasila Students in Schools.
In International Conference on Educational Management and Technology (ICEMT
(pp. 240-246). Atlantis Press.
Copyright (c) 2023 Eduprof : Islamic Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.