Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Tatanen di Bale Atikan Kabupaten Purwakarta

Authors

  • Nana Ismelani Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Rivatul Mahmudah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Okke Rosmaladewi Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.196

Keywords:

Kurikulum merdeka, profil pelajar pancasila, program tatanen

Abstract

Kurikulum Merdeka membentuk Profil Pelajar Pancasila untuk mendukung mutu Pendidikan di Indonesia terkait pada penanaman karakter  peserta didik yang sejalan dengan program Pendidikan di Kabupaten Purwakarta yaitu Tatanen di Bale Atikan. Penelitian bertujuan untuk mengkaji, menganalisis implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil Pancasila melalui program Tatanen di Bale Atikan (TdBA) dan apa saja hambatan dari  implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil Pancasila melalui program Tatanen di Bale Atikan (TdBA). Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. pengambilan data dengan wawancara dan studi Pustaka. Hasil penelitian Implementasi Program Tatanen di Bale Atikan dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Pada masing-masing sekolah sudah berjalan dengan baik sesuai dengan panduan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, program ini mendukung pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka karena memiliki kesamaan secara konsep yaitu pembelajaran berbasis proyek. Hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil Pancasila melalui program Tatanen di Bale Atikan (TDBA) adalah waktu, perbedaan kondisi sekolah dan pemahaman guru sebagai pelaksana lapangan.

Additional Files

Published

2023-03-31

How to Cite

Ismelani, N., Mahmudah, R., & Rosmaladewi, O. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Tatanen di Bale Atikan Kabupaten Purwakarta. Eduprof : Islamic Education Journal, 5(1), 15–26. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.196