Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Tatanen di Bale Atikan Kabupaten Purwakarta

  • Nana Ismelani Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Rivatul Mahmudah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Okke Rosmaladewi Universitas Islam Nusantara Bandung
Keywords: Kurikulum merdeka, profil pelajar pancasila, program tatanen

Abstract

Kurikulum Merdeka membentuk Profil Pelajar Pancasila untuk mendukung mutu Pendidikan di Indonesia terkait pada penanaman karakter  peserta didik yang sejalan dengan program Pendidikan di Kabupaten Purwakarta yaitu Tatanen di Bale Atikan. Penelitian bertujuan untuk mengkaji, menganalisis implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil Pancasila melalui program Tatanen di Bale Atikan (TdBA) dan apa saja hambatan dari  implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil Pancasila melalui program Tatanen di Bale Atikan (TdBA). Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. pengambilan data dengan wawancara dan studi Pustaka. Hasil penelitian Implementasi Program Tatanen di Bale Atikan dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Pada masing-masing sekolah sudah berjalan dengan baik sesuai dengan panduan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, program ini mendukung pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka karena memiliki kesamaan secara konsep yaitu pembelajaran berbasis proyek. Hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil Pancasila melalui program Tatanen di Bale Atikan (TDBA) adalah waktu, perbedaan kondisi sekolah dan pemahaman guru sebagai pelaksana lapangan.

References

Amir, I., Nursalam, N., & Mustafa, I. (2022). Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Profil

Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka

Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 204-215.

Chamisijatin, L., Pantiwati, Y., Zaenab, S., & Aldya, R. F. (2023). The implementation

of projects for strengthening the profile of Pancasila students in the implementation

of the independent learning curriculum. Journal of Community Service and

Empowerment, 4(1), 38-48.

Company. Ramdani, E (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan

Lokal sebagai penguatan pendidikan karakter, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial,

(1), 1-10

Hamalik Oemar (2016). Proses Belajar Mengajar, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Handayani, S. D., Irawan, A., Febriyanti, C., & Kencanawaty, G. (2022). Mewujudan

Pelajar Pancasila dengan Mengintegrasikan Kearifan Budaya Lokal dalam

Kurikulum Merdeka. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 76-81.

Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022, August).

Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. In SEMINAR

NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol.

, No. 1, pp. 181-192).

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap

karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar

Islam, 5(2), 138-151.

Kemendikbudristek, 2021, Kurikulum Merdeka Sebagai Opsi Satuan Pendidikan dalam

Rangka Pemulihan Pembelajaran Tahun 2022 s.d 2024. Diunduh tanggal 25-11-

, https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/

Kusumawati, E. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan

Profil Pelajar Pancasila Di Jenjang Sekolah Dasar Di Sd Al-Islam 2 Jamsaren

Surakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886-893.

Lickona, Thomas. (2014). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa

Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila

Ditinjau Dari Konsep Kurikulum Merdeka. Semnas Manajemen Strategik

Pengembangan Profil Pelajar Pancasila pada PAUD dan Pendidikan Dasar, 1(1).

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal:

Projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil

pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648.

Nurdyansyah, F., Muflihati, I., Ujianti, R. M. D., Novita, M., Kusumo, H., & Ryan, J. C.

(2022). Indonesian Character Building Strategy: Planning the Pancasila Student Profile Strengthening Project in Kurikulum Merdeka. KnE Social Sciences, 362-

Panduan Tatanen di Bale Atikan Jenjang SMP (2021) Dinas Pendidikan Kabupaten

Purwakarta.

Peraturan Bupati Kabupaten Purwakarta No. 103, Tahun 2021, Program Tatanen di Bale

Atikan

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran

Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 15(2), 76-87.

Rachman, E. A., Sari, D. Y., Humaeroh, D., Wahidin, D., & Hanafiah, H. (2022). Model

Pembelajaran Pancaniti Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP

UNMA, 8(4), 1533-1546.

Rau, D. W., Rotty, V. N. J., Usoh, E. J., Lalamentik, O. J., & Tuerah, R. M. S. (2022).

Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Yang

Berorientasi Pada Profil Pelajar Pancasila.

Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk

Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 6182-

Seno, U., Narimo, S., Fuadi, D., & Widyasari, C. (2022). Implementation of Local

Wisdom Based Learning in Realizing Pancasila Student Profiles in Elementary

Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4).

Septiani, S. (2022). Internalisasi Kecerdasan Ekologis Dalam Konteks Penguatan

Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12527-

Septiani, S. (2022). Pengaruh Atikan Purwakarta Terhadap Pembentukan Karakter

Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Di Purwakarta. Jurnal Pendidikan dan

Konseling (JPDK), 4(4), 753-757.

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar

Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala

Education, 8(4).

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar

Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala

Pendidikan , 8 (4).

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alphabeta

Tabroni, I., & Nasihah, F. (2022). In House Training Implementation of the Independent

Curriculum based Tatanen in Bale Atikan at UPTD SD Negeri Salem,

Pondoksalam. Indonesian Journal of Society Development, 1(2), 83-104

Tabroni, I., & Nasihah, F. (2022). In House Training Implementation of the Independent

Curriculum based Tatanen in Bale Atikan at UPTD SD Negeri Salem,

Pondoksalam. Indonesian Journal of Society Development, 1(2), 83-104

Utami, W. B., Wedi, A., & Aulia, F. (2023, February). Management of Merdeka

Curriculum Towards Strengthening the Profile of Pancasila Students in Schools.

In International Conference on Educational Management and Technology (ICEMT

(pp. 240-246). Atlantis Press.

Published
2023-03-31
How to Cite
Ismelani, N., Mahmudah, R., & Rosmaladewi, O. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Tatanen di Bale Atikan Kabupaten Purwakarta. Eduprof : Islamic Education Journal, 5(1), 15-26. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.196

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.