Bantuan Pendidikan Menengah Universal untuk Meningkatkan Kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

  • Asep Yuliana Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Rohmat Rohmat Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Okke Rosmaladewi Universitas Islam Nusantara Bandung
Keywords: Bantuan Pendidikan Menengah Universal, Kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Abstract

Kesejahteraan di kalangan Pendidik dan tenaga Kependidikan selalu diperbincangkan, terutama bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang masih berstatus honorer di MA Al Fatah Purwakarta sehingga ini menjadi permasalahan utama kaitannya dengan kualitas mengajar. Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MA Al Fatah Purwakarta berjumlah 27 orang Pendidik, 3 orang tenaga kependidikan. Bantuan Pendidikan Menengah Universal sangat penting adanya bagi MA Al Fatah Purwakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Bantuan Pendidikan Menengah Universal   dapat meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuanitatif dengan metode deskriftif yang melibatkan sebanyak 21 Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang masih berstatus Honorer. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Pendidik dan tenaga kependidikan mengetahui adanya Bantuan Pendidikan Menengah Universal dari Pemerintah Provinsi. 2) Pendidik dan Tenaga Kependidikan  menerima honorarium tambahan setiap bulannya dari anggaran pendapatan MA Al Fatah Purwakarta melalui program Hibah dari Provinsi. 3) Hasil perhitungan data tentang Bantuan Pendidikan Menengah Universal untuk meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan di MA Al Fatah Purwakarta yaitu sebesar 81,90 berada pada kriteria “Baik” pada interval 69% - 83%. Artinya bahwa Bantuan Pendidikan Menengah Universal  dapat meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan di MA Al Fatah kecamatan Tegalwaru kabupaten Purwakarta.

 

References

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Juknis Dana Hibah Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) Tahun 2021

FAKTABANDUNGRAYA.COM https://www.faktabandungraya.com/2017/11/aher-tujuan-tpp-dan-bpmu-untuk.html. Tanggal Akses : 8 Juni 2022

Ningsih,Ida (2019) Hubungan Kesejahteraan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dengan Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Sekolah Menengah Atas Persatuan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Republik Indonesia Pekanbaru. Uin Suska Riau.Terdapa pada : https://repository.uin-suska.ac.id/23777/1/TANPA%20BAB%20IV tanggal akses : 8 juni 2022

Sugiyono, (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Graha Ilmu,Jogjakarta

Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2002 Tentang Pendanaan Pendidikan

Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 44 Tahun 2022 Tentang Komite Sekolah Pada Sekolah Menengah Atas Negeri, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri, dan Sekolah Luar Biasa Negeri.

Bryson, John. 2001. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Flavell, J. H. 1976. Metacognitive Aspects of Problem Solving. In L. B. Resnick (Ed.), The nature of intelligence. Hillsdale, NJ: Erlbaum.

Mulyasa (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

A.Garner, Bryan. 2004. Black’s Law Dictionary Eeighth Edition. USA: West Publishing Co

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.

Husaini Usman. (2006). Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Muhaimin, Sutiah, dan Sugeng Listyo Prabowo. 2008, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 2 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, Bantuan Operasional Sekolah, dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan

Andiawati, Etty (2017). Pengelolaan Keuangan Lembaga Pendidikan/Sekolah. Mahasiswa Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan Ekonomi UNS Surakarta.

Published
2023-03-31
How to Cite
Yuliana, A., Rohmat, R., & Rosmaladewi, O. (2023). Bantuan Pendidikan Menengah Universal untuk Meningkatkan Kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Eduprof : Islamic Education Journal, 5(1), 201-212. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.198

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.