Manajemen Program Parenting dalam Meningkatkan Sinergis Antara Sekolah dan Orang Tua Siswa di TKIT Al-Farisi Majalengka

Authors

  • Amirudin Amirudin Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Yeni Nuryani Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Abdus Salam Dz Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.206

Keywords:

manajemen, parenting, sinergis

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pengasuhan orang tua pada anak berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak. Adapun bertujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan mengidentifikasi tentang: 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Pelaksanaan, dan 4) Pengawasan   Program Parenting di TKIT Al-Farisi Majalengka.  Penelitian Program Parenting merupakan penelitian naturalistik dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data terdiri dari alur reduksi data, alur mendisplay data dan alur penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian dilakukan pemeriksaan yang didasarkan pada empat kriteria, yaitu; credibilitas, transferabilitas, depandibilitas dan confirmabilitas. Hasil penelitian  adalah: 1) Perencanaan, yaitu dengan melakukan penyusunan seperti tujuan, bentuk kegiatan, jadwal kegiatan, anggaran, narasumber, klasifikasi peserta dan kurikulum, 2) Pengorganisasian; dalam pengorganisasian Program Parenting  memiliki struktur kepengurusan, terdapat job description dan hubungan antar unit kerja sudah sangat baik, 3) Pelaksanaan; dalam pelaksanaan program Parenting sudah berjalan sangat baik dibuktikan dengan adanya pengarahan dari mulai yayasan hingga koordinator sekolah, 4) Pengawasan; pengawasan terdiri dari menentukan standar pelaksanaan, menentukan cara mengukur pelaksanaan dan proses memperbaiki penyimpangan.

 

Additional Files

Published

2023-03-31

How to Cite

Amirudin, A., Nuryani, Y., & Dz, A. S. (2023). Manajemen Program Parenting dalam Meningkatkan Sinergis Antara Sekolah dan Orang Tua Siswa di TKIT Al-Farisi Majalengka. Eduprof : Islamic Education Journal, 5(1), 27–59. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.206